Gempa 6,9 SR Guncang Tenggara Maluku Tengah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Desember 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 16.535 Kali

Gempa MalukuBadan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan terjadinya gempa dengan magnitude 6,9 SR pada Rabu (9/12) pukul 17:21:49 WIB. Pusat gempa terletak  di Laut Banda dengan kedalaman 10 km di 99 tenggara Maluku Tengah atau 159 km tenggara Ambon Maluku. Namun demikian, gempa ini tidak menimbulkan tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya Rabu (9/12) malam menyebutkan,  pusat gempa yang dangkal menyebabkan gempa dirasakan kuat di Ambon, Banda dan Maluku Tengah selama 3-5 detik.

“Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan berada di jalan,” tulis Sutopo.

Meski demikian, sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban. “BPBD Provinsi Maluku dan BPBD  Kab. Maluku Tengah masih melakukan pemantauan d lapangan. Hasil pantauan lapangan akan disampaikan jika sudah dilaporkan BPBD,” jelas Sutopo.

Ia menyebutkan, intensitas gempa dirasakan  III-IV MMI di Ambon, IV MMI di Banda, II-III MMI di Masohi. Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan berat jika intesitas lebih dari VI MMI.

(Humas BNPB/ES)

 

Nusantara Terbaru