Groundbreaking Kantor Bank BRI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, 29 Februari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Februari 2024
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 188 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Groundbreaking Kantor Bank BRI, 29 Februari 2024

Ya ini menunjukkan bahwa minat investasi di Ibu Kota Nusantara ini terus dan yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang sudah clear and clean, kemudian kawasannya di mana agar ekosistem ini segera terbentuk, sehingga kota menjadi hidup. Kalau yang antre ini ya diberi ini terus, yang lain tidak, nanti ekosistemnya tidak terbentuk ya. Dan, saya melihat optimisme setelah pemilu kemarin menjadi tidak nunggu-nunggu dan ini langsung semuanya akan kita atur groundbreaking-nya, tetapi memang sesuai dengan ekosistem yang ingin kita bangun.

Sekarang ini, hari ini untuk klaster keuangan, untuk klaster industri keuangan yang memulai peletakan batu pertamanya. Ini mau saya tunjukkan mungkin. Ini sudah padat sekali ini kalau kita lihat yang sudah-sudah ini, titik-titiknya sudah padat sekali. Istananya di sini. Tapi yang lebih padat sebetulnya di belum di IKN barat, hanya ini titik-titiknya belum ditunjukkan di sini. Tapi, ini yang paling padat nantinya dalam 2-3 bulan ini akan paling padat di sini. Kalau ini sudah penuh ya.

Wartawan
Nuwun sewu, Pak Presiden. Soal persiapan 17 Agustus di IKN nanti seperti apa sejauh ini, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Nanti tanyakan ke Pak Menteri PU, ke Pak Kepala Otorita IKN, enggak ada masalah.

Wartawan
Tahun ini bakal di sini, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Sudah, jadi fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini, kemudian acara juga sudah dirancang kapasitas berapa, acaranya berapa, sudah sedetail itu, sudah. Sudah di bulan Januari itu sudah hampir final.

Wartawan
Persiapan pemindahan ASN bagaimana, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
ASN ini akan dipindah secara bertahap karena kita harus menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung, misalnya perumahan itu yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga, semuanya ini harus mengelola manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan. Tapi sesuai yang tadi saya sampaikan, kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan sudah menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh banyak masyarakat kita.

Wartawan
Juni nanti jadi berkantor di sini bersama Pak Bas?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Pak Basuki.

Wartawan
Bapak enggak, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Juni.

Wartawan
Bapak kapan, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Juli, Juli. Saya nunggu airport-nya jadi, jalan tol jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi.

Wartawan
Untuk agenda besok, Pak, ini setelah di IKN, apakah ada agenda selanjutnya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya besok tetap peletakan batu pertama beberapa yang kita ingin bangun, agar ekosistemnya segera sambung semuanya ya.

Keterangan Pers Terbaru