Groundbreaking Kantor PT Bank Mandiri di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, 29 Februari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Februari 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 178 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Groundbreaking Kantor PT Bank Mandiri, 29 Februari 2024

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,

Yang saya hormati Ketua Wantimpres, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, hadir bersama saya Pak Menteri PUPR, Pak Menteri Investasi, Menteri ATR/BPN, Pak Menteri Perdagangan, dan juga pemilik BUMN, Pak Menteri BUMN;
Yang saya hormati Pak Panglima TNI, Gubernur Kalimantan Timur beserta Bupati PPU;
Yang saya hormati Ketua OJK, Dirut Bank Mandiri beserta seluruh direksi dan jajaran komisaris;
Yang saya hormati ini pemilik IKN juga jangan lupa, Kepala Otorita IKN;
Yang saya hormati Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

Bapak-Ibu mungkin yang belum pernah ke IKN, terasa jauh sekali ya perjalanan dari Balikpapan ke IKN. Sekarang berapa jam, 1,5 jam atau 2 jam kurang sedikit, kelihatan jauh sekali. Tapi tolong nanti dilihat setelah bulan Juni, begitu tolnya selesai, begitu nanti airport-nya selesai, dari airport ke sini hanya kurang lebih 15 menit. Begitu tol selesai dari Balikpapan ke IKN, berapa menit, Pak Menteri PU? Empat puluh lima menit. Dulu janjian kita 30 menit loh, ini nambah 15 menit ya.

Inilah masa depan Indonesia. Dan, yang saya bayangkan kalo traffic-nya ke ibu kota ini semakin banyak, keramaian di sini akan semakin cepat terjadi. Tapi, tadi saya sampaikan ke Pak Kepala Otorita IKN, juga jangan sampai kehilangan kendali dalam mengelola Ibu Kota Nusantara. Karena ada beberapa ibu kota baru yang dibangun oleh negara-negara yang tidak saya sebut, kotanya sangat ramai tetapi menjadi tidak terkendali. Ada dua ibu kota yang saya lihat seperti itu. Kelihatannya berhasil, tapi sebetulnya tidak berhasil. Sehingga pengendalian kota ini sesuai dengan konsep awalnya forest city, smart city, itu betul-betul harus terjadi betul.

Saya senang Bank Mandiri segera akan memulai pembangunan kantor untuk, khusus untuk digital services. Karena saya tahu Livin di Bank Mandiri sudah berapa, 23 juta, Pak Dirut, ya? Gede sekali, sangat gede sekali. Dikembangkan nanti dari sini untuk menjadi lebih besar lagi.

Dan, bayangan saya nanti juga kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun, itu akan mendatangkan digital-digital nomade untuk hidup di Nusantara ini, karena kota ini akan berbeda dengan kota-kota lain di dunia; tidak ramai tetapi hidup, tidak ada polusi karena semuanya menggunakan kendaraan listrik dan transportasi umum listrik. Saya kira itulah bayangan yang ada di benak saya tapi praktiknya nanti kita lihat, karena kadang-kadang apa yang direncanakan, apa yang menjadi gagasan itu bisa berbelok-belok tergantung seberapa kuat manajemen itu mengendalikan kota ini dengan baik.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Pak Dirut, berapa bulan selesai kira-kira? Satu tahun. Berarti kalo ini Februari, nanti Februari saya lihat. Saya hanya melihat, karena saya nanti sudah bukan presiden lagi.

Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama, groundbreaking gedung Kantor PT Bank Mandiri di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru