Groundbreaking Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, 21 Desember 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 21 Desember 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 344 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Groundbreaking Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), 21 Desember 2023

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamuálaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati para Kabinet Indonesia Maju, hadir bersama saya Menteri Sekretaris Negara, Menteri ATR/BPN;
Yang saya hormati Kapolri beserta seluruh jajaran, Panglima TNI beserta seluruh jajaran;
Kepala Otorita IKN (Ibu Kota Nusantara) yang saya hormati, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur beserta Bupati Penajam Paser Utara;
Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Polres Khusus Kawasan IKN di atas lahan seluas 6.189 meter persegi, ini bukan luas lahan, Luas lahannya seingat saya 12 hektare. Ini adalah luas bangunan. Dan, pembangunan gedung Polres ini akan dibangun sekitar sembilan bulan dengan anggaran sebesar Rp160 miliar.

Saya hanya ingin titip satu karena polres ini adalah polres khusus di IKN, jadi juga gedungnya saya minta juga gedung yang khusus didesain khusus, yaitu gedung yang green, green building. Karena kawasan ini adalah kawasan hijau, lingkungannya adalah lingkungan hijau, saya minta untuk desain polresnya juga sedikit dikoreksi agar muncul green building-nya.

Kemudian, mumpung ini juga baru awal. Saya tadi disampaikan oleh Kapolri bahwa akan ada CCTV di semua sudut, akan ada command center-nya, akan ada analisis untuk AI-nya, saya minta sejak awal disiapkan, direncanakan, dan dikompleti sekalian. Ini akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan yang berkaitan dengan kriminalitas, utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di Ibu Kota Nusantara. Sehingga nanti bisa dijadikan contoh untuk kota-kota yang lainnya, termasuk tentu saja organisasinya harus betul-betul disiapkan secara khusus.

Polres ini akan diperkuat kurang lebih 750 personel yang wilayah kerjanya meliputi enam polsek. Saya senang bahwa personelnya sudah ditempatkan, disiapkan di Polda seluruh jajaran Polres di Kalimantan Timur, sehingga pada saat nanti Polres Khusus IKN ini selesai, tinggal langsung digeser 750 personel tadi ke Polres di IKN ini.

Saya harap kehadiran Polres Khusus IKN ini betul-betul akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, memperkuat penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN.

Itu saja yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini peletakan batu pertama/groundbreaking Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) secara resmi saya nyatakan dimulai.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru