Groundbreaking National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, 22 September 2023 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 September 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 856 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Groundbreaking National Training Center, 22 September 2023 

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju, hadir bersama saya Bu Menteri Keuangan, Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Sekretaris Negara, Pak Menteri PU, Pak Menteri Investasi,
Yang saya hormati Ketua Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara beserta wakil dan seluruh jajaran, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur beserta Bupati PPU,
Yang saya hormati Ketua Umum PSSI beserta seluruh Exco yang hadir,
Yang saya hormati FIFA Regional Director Asia-Oceania His Excellency Mr. Sanjeevan
Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia,

Kita tahu negara kita ini telah memiliki banyak stadion bertaraf internasional di kota-kota, baik yang ada di Jawa, di Sumatra, di Kalimantan, di Sulawesi, bahkan di Papua. Ada, sudah kita miliki tapi belum memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi, sehingga timnas kalau latihan pindah-pindah. Oleh sebab itu, alhamdulillah pada pagi hari ini akan kita groundbreaking National Training Center untuk sepak bola Indonesia.

Pusat pelatihan yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare, yang di dalamnya akan ada delapan lapangan, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Dan, ini terintegrasi dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara kita. Pusat pelatihan ini akan dilengkapi dengan asrama juga, dan lingkungan yang tadi kita lihat di gambar sangat indah dan sangat cantik, sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah. Dan, jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta, pagi latihan, malamnya enggak latihan, kalau di Jakarta. Kalau di sini ndak, kalau malam tetap latihan. Tempat ini juga tidak hanya sebagai pusat pelatihan tetapi juga pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia, dan memfasilitasi riset serta pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar, tadi sudah disampaikan, Rp85,6 miliar kepada PSSI Indonesia. Dan, juga dukungan dari pemerintah, ini kalau enggak kita sebut nanti dipikir kita enggak memberi dukungan kepada PSSI, dukungan pemerintah juga tidak kecil, yaitu sebesar Rp95 miliar, yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan, nanti kalau kurang ditambahi lagi. Sehingga barang ini, National Training Center untuk sepak bola ini, segera bisa diselesaikan.

Saya yakin sepak bola Indonesia dengan adanya National Training Center ini, jika didukung manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta kecintaan besar masyarakat Indonesia terhadap sepak bola, saya yakin, saya optimis akan mampu membawa dan menyaksikan Garuda kita, timnas kita, tidak hanya juara di Asia Tenggara tetapi akan segera mendunia.

Itu saja yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini groundbreaking National Training Center secara resmi saya nyatakan dimulai.

Terima kasih,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru