Groundbreaking Papua Youth Creative Hub, di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, 2 Oktober 2021

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Oktober 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 59 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Ketua DPR RI Ibu Dr. Puan Maharani;
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Maju, hadir bersama saya Pak Menhan Pak Prabowo Subianto, Pak Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono, dan juga menteri dari Papua Menteri Investasi Bapak Bahlil Lahadalia;
Yang saya hormati Pak KaBIN, Panglima TNI, dan Kapolri, Ketua DPRD Provinsi Papua dan seluruh jajaran Forkopimda. Hadir bersama kita juga Wali Kota Kota Jayapura, seluruh anak-anak muda Papua yang saya cintai, yang saya banggakan, tapi yang sering ketemu saya adalah Mas Billy Mambrasar, karena dia adalah Staf Khusus saya, serta para pelaku usaha.

Bapak-Ibu hadirin yang berbahagia.
Tindak lanjut dari pertemuan kita di September 2019 di Istana, waktu saya bertemu dengan anak-anak muda dari tanah Papua yang menyampaikan keinginan-keinginannya. Dan anak-anak muda Papua yang hebat-hebat ada Richard Mahuse, hadir dari Merauke? Ini lulusan Cornell University. Ada Yosua Gombo? Ini belajar robotik di Washington, hadir? Enggak hadir enggak apa-apa, tapi ini ada. Ada Paskal Safari? Belajar ilmu komputer di California, dan banyak yang lain-lainnya yang memiliki dan dalam proses pendidikan yang sangat baik, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Mereka ini adalah talenta-talenta muda Papua, baik yang sudah lulus seperti Mas Billy Mambrasar, yang sedang belajar di universitas-universitas terbaik, baik di perguruan-perguruan tinggi terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri, baik dengan beasiswa dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) maupun beasiswa dari Dana Otonomi Khusus. Kita ingin memberikan ruang sebesar-besarnya. Setelah saya bertemu dengan Komunitas Papua Muda Inspiratif, kemudian ada ide untuk membuat Papua Youth Creative Hub di tempat ini. Atas arahan lapangan, masukan-masukan lapangan yang didapatkan dari Pak KaBIN, kemudian sebentar lagi akan kita lakukan groundbreaking di tempat ini.

Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan, itulah tugas kita, baik di Papua maupun di Papua Barat. Banyak bibit-bibit unggul dengan talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, seni budaya maupun di bidang olahraga. Dan ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, yang tertata.

Dan tadi sudah disampaikan bahwa yang berkumpul di Papua Muda Inspiratif ini bukan hanya ratusan, tapi sudah ribuan, ini sangat bagus. Sehingga kita harapkan nanti Papua Youth Creative Hub ini bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada.

Tadi diterangkan bahwa di sini nanti akan diurus mengenai entrepreneurship, mengenai petani-petani milenial yang akan dimunculkan, kemudian yang berkaitan dengan membangun ekosistem digital, kemudian riset dan inovasinya juga dikembangkan. Saya kira inilah masa depan kita semuanya, masa depan Indonesia, masa depan tanah Papua ada di Papua Youth Creative Hub yang kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai, langsung kelembagaannya siap, dan kita harapkan dalam waktu yang sangat cepat bisa betul-betul melakukan pengembangan SDM di tanah Papua yang kita cintai ini.

Di dalam fasilitas-fasilitas yang ada, tadi sudah disampaikan ada coworking space, ada ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ada ruang konsernya, ada untuk inovasi-inovasi produknya, serta asrama dan fasilitas olahraga. Saya kira ini sudah sangat integrated dan kita harapkan betul-betul nanti tempat ini menjadi sebuah fondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa-masa yang akan datang, serta dalam memulai membangun perusahaan-perusahaan startup dari tanah Papua yang hebat ini.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang hari ini saya nyatakan dimulai Groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Jayapura

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru