Groundbreaking Pembangunan BPJS Ketenagakerjaan di IKN, Presiden: Lengkapi Fasilitas Layanan Masyarakat

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 2 November 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 673 Kali

Presiden Jokowi lakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor BPJS Ketenagakerjaan di IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis (02/11/2023. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan kantor BPJS Ketenagakerjaan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (02/11/2023) siang. Presiden mengatakan pembangunan gedung perkantoran ini akan melengkapi fasilitas layanan publik di IKN.

“Keberadaan kantor BPJS Ketenagakerjaan ini akan menambah lengkap fasilitas layanan masyarakat di IKN, menambah keyakinan masyarakat agar tidak ragu-ragu lagi tinggal di IKN karena sudah ada perlindungan jaminan sosialnya dari BPJS,” ujar Presiden.

Presiden menekankan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting agar pekerja terlindungi dari berbagai risiko, baik risiko sosial maupun risiko ekonomi. Terlebih, kata Presiden, saat ini di IKN sedang berlangsung banyak kegiatan pembangunan yang dilakukan secara serentak di berbagai proyek dan melibatkan banyak tenaga kerja.

“Tadi Pak Dirut bisik-bisik ke saya, ‘Pak, yang bekerja di Nusantara sudah masuk ke BPJS Ketenagakerjaan semuanya.’ Saya kira sangat bagus kalau, kita tidak berharap ada kecelakaan, tetapi kalau ada, sudah ada yang melindunginya, yaitu BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, selain kantor BPJS Ketenagakerjaan, di IKN juga telah dimulai pembangunan sejumlah infrastruktur, mulai dari istana presiden, kantor kementerian, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan, pusat perbelanjaan, fasilitas olahraga, hunian, perhotelan, jalan tol, hingga bandar udara (bandara).

“Rumah sakit ada, sekolah ada, hotel ada, mal dan apartemen ada, kantor Bank Indonesia tadi pagi sudah juga, yang didukung oleh juga nantinya tol antara Balikpapan ke Nusantara,” ujarnya.

Presiden mengungkapkan, keberadaan jalan tol Balikpapan-Nusantara  akan memangkas waktu tempuh menjadi hanya 45 menit dari sebelumnya sekitar 2,5 jam. Sedangkan waktu tempuh dari bandara ke IKN kira-kira 18 menit.

“Bandara juga kemarin sudah dilakukan peletakan batu pertama. Turun kalau di Balikpapan berarti naik mobil ke sini 45 menit, kalau turun langsung (di bandara) di Nusantara ke sini kira-kira 18 menit,” tandasnya. (FID/UN)

Berita Terbaru