Groundbreaking Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pupuk Fakfak, di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, 23 November 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 November 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 437 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Groundbreaking Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pupuk Fakfak, 23 November 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, kita tahu ancaman krisis pangan global, ancaman krisis pangan dunia itu betul-betul nyata sudah terjadi. Sehingga kita betul-betul harus memiliki sebuah strategi besar bagaimana kita bisa meraih yang namanya kedaulatan pangan, swasembada pangan. Tidak hanya urusan beras saja, urusan gula, urusan kedelai, dan jagung, dan lain-lainnya yang kita memang masih bergantung negara lain.

Oleh sebab itu, ini menjadi bagian yang sangat penting karena pupuk itu akan meningkatkan produktivitas tanaman yang kita tanam, baik itu padi, baik itu tebu, baik itu jagung, semuanya membutuhkan pupuk. Dan, memang wilayah Indonesia bagian timur itu belum ada industri pupuknya, sehingga memang harus dibangun di sini agar lebih efisien transportasinya, agar lebih murah harganya untuk para petani ya. Saya rasa itu.

Wartawan
Apa berkaitan dengan, pesan Bapak untuk generasi-generasi Papua dengan kehadiran pabrik ini di Kabupaten Fakfak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya SDM-nya disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau ada industri pupuk, nanti ada kawasan lumbung pangan (food estate), semuanya menyesuaikan. Jadi jangan sampai suplai SDM-nya tidak sinkron dengan kebutuhan yang ada di industri, kebutuhan yang ada di lapangan. Memang harus penyesuaian. Dan, saya kira ini kesempatan yang baik bagi SDM-SDM muda di tanah Papua untuk ikut membangun industri pupuknya sendiri. Oke.

Wartawan.
Terima kasih Bapak.

Keterangan Pers Terbaru