Groundbreaking PT Wavin Manufacturing Indonesia, di Kawasan Industri Terpadu Batang, Kabupaten  Batang, Provinsi Jawa Tengah, 3 Oktober 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 3 Oktober 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 910 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat sore,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Duta Besar Belanda untuk Indonesia His Excellency Lambert Grijns,
Yang saya hormati President and CEO Wavin Group Mr. Maarten Roef;
Yang saya hormati CEO Orbia Mr. Sameer Bharadwaj;
Yang saya hormati Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, beserta Ibu Bupati Kabupaten Batang;
Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Semua negara, saya ulang-ulang terus ini, sekarang ini dalam posisi yang tidak mudah, posisinya sulit semuanya, dunia posisinya sulit semuanya. Krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan/krisis finansial, terjadi di hampir semua negara. Yang sekarang ini menjadi rebutan adalah investasi. Kenapa investasi? Karena dengan investasi itulah nilai tambah akan diciptakan, lapangan kerja akan diciptakan, penerimaan negara akan muncul, cadangan devisa akan muncul.

Kalau dulu, sebelumnya kita impor, setelah Pabrik Wavin ini jadi, impornya sudah tidak ada lagi. Dan di Provinsi Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Batang tercipta lapangan kerja yang tidak kecil.

Tadi disampaikan Pak Menteri bahwa di sini sudah ada 10 perusahaan yang dalam proses konstruksi, baik itu pabrik untuk baterai mobil listrik, pabrik kaca yang terbesar di Asia Tenggara, pabrik alat-alat kesehatan, dan seterusnya. Kemudian, hari ini kita akan groundbreaking pabrik pipa Wavin, yang juga nantinya selain untuk kebutuhan di dalam negeri, juga akan diekspor ke negara-negara Asia Pasifik, Australia, dan juga sebagian kembali lagi ke Eropa. Inilah saya kira hal yang terus akan kita kejar, investasi apapun, karena itu sekali lagi akan menciptakan lapangan kerja yang sangat besar. Kemudian, pajaknya bisa menambah penerimaan negara dan juga cadangan devisa kita, dan yang paling penting akan men-trigger pertumbuhan ekonomi di negara kita.

Saya sekali lagi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wavin B.V. yang sudah memberikan kepercayaannya dan Orbia yang sudah memberikan kepercayaannya kepada Indonesia, karena tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari sebuah investasi. Begitu sebuah negara sudah dicap tidak baik untuk investasi, enggak akan ada yang mau datang ke negara kita. Kalau sudah enggak ada yang datang, artinya apa? Barang-barang harus kita impor dari luar.

Meskipun dunia pada posisi krisis finansial, tetapi Indonesia masih dipercaya untuk investasi perusahaan-perusahaan besar dunia. Tadi sudah disampaikan oleh Mr. Sameer bahwa, karena stabilitas ekonomi dan politik yang baik di negara kita.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini groundbreaking (peletakan batu pertama) PT Wavin Manufacturing Indonesia di Kawasan Industri Terpadu Batang, saya nyatakan dimulai.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru