Gubernur Kaltim Minta Rekrutmen CPNS Perhatikan Kebutuhan Daerah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 Februari 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 48.518 Kali
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak meresmikan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, di Samarinda, Kamis (29/1)

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak meresmikan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, di Samarinda, Kamis (29/1)

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak meminta perhatian pemerintah pusat agar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan daerah.

“Yang lebih tahu kebutuhan, daerah bukan pusat. Makanya perhatikan daerah dalam penyusunan formasi rekrutmen pengadaan PNS,” kata Gubernur Awang Faroek dalam arahannya saat peresmian  Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim dan Gedung Assesmen Center, di Gedung BKD Kaltim, Samarinda, Kamis (29/1).

Gubernur Kaltim itu menyarankan pemerintah pusat dalam melakukan rekrutmen terlebih dahulu berkomunikasi dengan pemda setempat untuk mengetahui kebutuhan daerah tersebut. Setelah diketahui baru pusat menetapkan alokasi menyesuaikan kemampuan keuangan negara.

Ia lantas memberi contoh dengan kondisi sekarang, saat Kaltim sangat membutuhkan dokter spesialis dan guru dalam rangka meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan kesehatan maupun pendidikan. Namun, nyatanya kebutuhan tersebut belum dapat dipenuhi karena tidak diberi jatah sesuai kebutuhan pada seleksi CPNS 2014 lalu.

“Masyarakat tidak mau tahu itu (tidak dapat jatah formasi karena kebijakan penetapannya ada di pemerintah pusat, Red). Mereka hanya menganggap ini semua karena gubernur tidak bisa berjuang. Makanya kita berharap aspirasi masyarakat ini menjadi perhatian pusat,” papar Awang Faroek.(diskominfo kaltim/es)

 

Nusantara Terbaru