Gubernur Sumut Canangkan Gerakan Sehari Tanpa Nasi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Oktober 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 22.556 Kali

Tanpa NasiGubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho di halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumut, Selasa (15/10), mencanangkan Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (One Day No Rice) yang dilaksanakan setiap hari selasa di Provinsi Sumut.

Pencanangan ditandai dengan penekanan sirine dan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho, didampingi Ketua Tim Penggerak Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Kepala Badan Ketahanan Panga Suyono, sejumlah Forum Koordinasi Pimpgunan Daerah Sumut, dan beberapa Bupati dan Walikota Se-Provinsi Sumut.

Pencanangan yang dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia ke-34 Tingkat Provinsi Sumut dan Hari Krida Pertanian Ke-42 ini diharapkan dapat mendukung penurunan kosumsi beras 1,5 persen per tahun sesuai amanat Peraturan Presiden no. 22 tahun 2009.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho secara khusus meminta kepada segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik di Provinsi Sumut maupun kabupaten/kota agar melaksanakan surat edarannya tentang pelaksabaan Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi di Provinsi Sumut.

Ia mengingatkan, implementasi dari gerakan “Satu Hari Tanpa Nasi”(One Day No Rice) ini adalah satu hari dalam satu minggu yaitu setiap hari Selasa dipelopori oleh PNS, baik ditempat kerja maupun rumah tangga masing-masing tidak mengkosumsi nasi berasal dari beras dan dapat digantikan dengan sumber pangan dari karbohidrat lain non beras non terigu.

“Sebenarnya Bberas adalah pemacu pemicu potensi penyakit gula, untuk itu Gerakan Satu Hari Tanpa Beras yang kita canangkan hari ini yang dilaksanakan setiap hari Selasa diharapkan mengurangi kosumsi beras dan menjadi bagian upaya meningkatkan kesehatan di Sumut,” kata Gubernur Sumut.

Diakhir kegiatan, Ketua Tim Pengerak PKK Sumut Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho meresmikan Galery Manggadong serta mencicipi beberapa masakan yang berbahan baku dari umbi-umbian. Gubsu bersama Ketua Tim Penggerak PKK juga mengunjungi stand para peserta lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis potensi sumberdaya wilayah Sumut yang bahan bakunya dari Ubi-ubian, buah-buahan, sayur-sayuran, protein hewan, kacang-kacangan dan jenis pangan lainnya. (ANT/ES)

Nusantara Terbaru