Hadap Seskab, Peserta Diklat RLA LAN Angkatan VI Sampaikan Rekomendasi ‘E-Goverment’

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 November 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 18.195 Kali
peserta Diklat RLA LAN Angkatan V/2016

Seskab Pramono Anung berfoto bersama peserta Diklat RLA LAN Angkatan V/2016, Kamis (3/11). (Foto: Humas/Jay)

Sebanyak 35 orang  peserta Diklat Reform Leader Academy (RLA) Lembaga Administrasi Negara (LAN) angkatan V Tahun 2016 didampingi Kepala LAN Suryanto menghadap Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, di ruang rapat lantai 2 Gedung III Kemensetneg, Kamis (3/11) pagi.

Kepala LAN Adi Suryanto dalam laporannya mengatakan, para peserta RLA LAN Angkatan V/2016 yang berasal dari lintas kementerian/lembaga dan daerah itu bermaksud menyampaikan laporan hasil Diklat RLA mengenai sejumlah rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah.

“RLA sebagai hasil diklat menyampaikan paparan dengan judul Akselerasi E-government dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Dalam paparan tersebut, RLA memberikan 4 (empat) rekomendasi kebijakan,” kata Suryanto.

Secara rinci Suryanto menyampaikan rekomendasi peserta Diklat RLA LAN Angkatan V kepada pemerintah. Pertama, sebut Suryanto, pengendalian implementasi e-government langsung di bawah presiden.

Kedua, akselerasi penerapan regulasi e-government yang meliputi, rencana induk dan peta jalan; penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) bersama e-government seluruh K/I/D, disertai penerapan insentif dan disinsentif; bisnis proses dan infrastruktur; dan kebijakan penganggaran secara nasional.

Ketiga, lanjut Suryanto, , memfasilitasi pembentukan co-working space IT dengan melibatkan pemerintah, BUMN/BUMD, bisnis, akademisi, dan masyarakat. Dan keempat, mempercepat penerapan Nomor Identitas Tunggal (Single Identity Number) untuk pelayanan dasar pemerintah, yaitu pendidikan, kesehatan, perumahan rakyat, ketertiban umum, perlindungan masyarakat dan sosial.

“Para peserta RLA kelima ini mendiskusikan tentang e-government dengan Kemeterian PANRB, Kominfo, Bappenas, serta pihak-pihak yang terkait,” jelas Suryanto.

Berjodoh Dengan Presiden

Menanggapi rekomendasi yang disampaikan peserta Diklat RLA LAN itu, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, bahwa tema yang dipaparkan dalam pertemuan sesuai dengan program prioritas pemerintah. “Sebenarnya pemikiran teman-teman angkatan 5 RLA ini lagi berjodoh dengan presiden dan juga kami,” ujarnya.

Menurut Seskab, saat ini kementerian terkait bersama dengan Menteri Keuangan telah ditugaskan oleh Presiden untuk me-reform, salah satunya yang berkaitan dengan SPJ.  “Mudah-mudahan nanti kita bermanfaat. Saya sudah baca sekilas tentang e-government dan nanti akan kami laporkan kepada Bapak Presiden,” ujarnya.

Saat menerima peserta Diklat RLA LAN Angkatan V/2016 itu, Seskab Pramono Anung didampingi oleh Seskab didampingi oleh Deputi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Fadlansyah Lubis, Staf Khusus Sekretaris Kabinet Emir Kresna Wardana, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi Raso, dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional Satya Bhakti Parikesit. (FID/ES)

Video Terbaru:
Minta Siapkan Pra Lelang APBN 2017, Presiden Jokowi Targetkan 2018 Pertumbuhan 6% Lebih
Presiden Jokowi: Perbankan Harus Aktif Mendatangi Mahasiswa, Pelajar
Dialog Presiden Jokowi dengan Giring Nidji dalam Peringatan Hari Menabung Sedunia
Pengantar Presiden Jokowi pada ratas Perkembangan Pembangunan Proyek Listrik 35.000 MW (1/11)
Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang Rencana Aksi Unjuk Rasa pada tanggal 4 November 2016

Berita Terbaru