Hadiri Haul Taufiq Kiemas, Presiden Jokowi: Saya Jadi Ingat ‘Reshuffle’ Kalau Begini

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Juni 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 23.852 Kali
Presiden Jokowi saat ikuti acara di Kediaman Presiden ke-5 RI Megawati (8/6). (Foto: BPMI)

Presiden Jokowi saat ikuti acara di Kediaman Presiden ke-5 RI Megawati (8/6). (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal isu reshuffle atau perombakan kabinet saat menyampaikan sambutan pada peringatan 3 tahun wafatnya (haul) mantan Ketua MPR-RI Taufiq Kiemas, di kediaman Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, di Jl. Teuku Umar, Jakarta, Rabu (8/6) petang.

“Saya ingin klarifikasi mengenai menteri NU. Tadi diam-diam saya hitung ada enam, jadi NU ada. Muhammadiyah, karena Haedar (Haedar Nasir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, red) enggak tanya, saya enggak menghitung,” kata Presiden Jokowi menanggapi pernyataan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj yang sebelumnya sempat mempertanyakan tiadanya jatah menteri untuk NU dalam pemerintahan Kabinet Kerja.

“Saya jadi ingat reshuffle kalau begini,” kata Presiden Jokowi melanjutkan yang disambut tertawa mereka yang hadir dalam haul Taufiq Kiemas itu.

Kenang Taufiq Kiemas

Menyinggung mengenai Taufiq Kiemas, Presiden Jokowi yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengaku mengenang almarhum sebagai sosok yang mampu menjembatani antar individu maupun antar kelompok yang mengalami gesekan atau konflik.

“Kita kembali mengingat,  kembali mengenang sosok beliau yang selalu dengan ikhlas, dengan segala risiko, banyak sekali  menyelesaikan konflik antar individu, gesekan gesekan antar lembaga dan partai,” kenang Presiden.

Presiden Joko Widodo juga tidak melupakan terhadap apa yang dilakukan oleh Taufiq Kiemas saat bangsa ini kehilangan orientasinya. “Beliau menginspirasi dan mengingatkan kita untuk kembali kepada nilai 4 pilar kebangsaan, mengenai pancasila yang beliau selalu sampaikan dimana mana,” tuturnya.

Oleh karenanya, Presiden mengajak kepada hadirin untuk turut mendoakan beliau agar mendapat tempat terbaik di sisi Yang Maha Kuasa.

“Saya mengajak Bapak/Ibu semuanya dengan ikhlas mendoakan almarhum Bapak Haji Muhammad Taufik Kiemas. Semoga beliau diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya, diberikan tempat yang mulia di sisi-Nya, semoga almarhum khusnul khatimah, serta semoga dosa-dosa beliau diampuni,” tutur Presiden mendoakan.

Tampak hadir dalam Peringatan Tiga Tahun Meninggalnya Bapak Taufiq Kiemas itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno, Wakil Presiden kesebelas Boediono, Ketua DPD Irman Gusman, para menteri anggota Kabinet Kerja dan sejumlah tokoh partai politik. (*/TKP/ES)

Berita Terbaru