Hadiri KTT APEC, Presiden Jokowi Belum Pasti Hadiri KTT G-20

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 49.653 Kali
Menlu Retno Marsudi mendampingi Presiden Jokowi menerima Menlu RRT Wang Yi, di Istana Merdeka, Senin (3/11)

Menlu Retno Marsudi mendampingi Presiden Jokowi menerima Menlu RRT Wang Yi, di Istana Merdeka, Senin (3/11)

Dalam beberapa hari ke depan, ada 3 (tiga) forum dunia yang mengundang kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu KTT ASEAN, KTT Asia- Pasific Economic Cooperation (APEC), dan KTT G-20.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi dipastikan hadir di dua acara, yakni, Konfrensi Tingkat Tinggi ASEAN dan APEC. Sedangkan untuk forum G-20, kehadiran Presiden Jokowi belum bisa dipastikan.

“Sejauh ini, untuk APEC begitu (sudah konfirmasi.red). Menlu China akan menjelaskan kepada Presiden Jokowi persiapan-persiapan yang telah mereka lakukan selaku tuan rumah,” kata Retno saat menerima kunjungan Menlu RRT, Wang Yi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, pada Senin (3/11).

Hal senada disampaikan Menlu RRT Wang Yi, yang memastikan bahwa Presiden Jokowi dipastikan hadir dalam forum Asia- Pasific Economic Cooperation (APEC) di Beijing, RRT, pada 10-11 November 2014.
”Kedatangan saya kali ini juga untuk menyelaraskan beberapa hal mengenai pertemuan antara pemimpin kedua negara (Indonesia-China), dalam beberapa hari ke depan saat Presiden Jokowi menghadiri APEC,” ucap Yi sebelum bertemu dengan Presiden Jokowi.

Menurut Menlu RRT itu, dalam kunjungannya ke Beijing, nantinya Presiden Jokowi juga akan melalukan pertemuan dengan beberapa pejabat tinggi, termasuk Presiden China, Xi Jinping.

”Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping akan melakukan pertemuan bilateral mengenai kerjasama kedua negara di tengah-tengah penyelenggaraan APEC,” imbuh Yi.

Menlu Retno Marsudi menambahkan, bahwa Indonesia mempelajari seluruh prosedur yang sudah disiapkan panitia KTT APEC di Ibu Kota Beijing.

Soal nanti Presiden Jokowi akan mengisi CEO Summit dan bertemu Presiden Xi Jinping, pemerintah akan mengikuti arahan panitia.

“Jadi ini kunjungan perkenalan. Dan sebagai menlu yang negaranya akan jd tuan rumah APEC, beliau menjelaskan persiapan-persiapannya,” kata Retno mengenai kunjungan Menlu RRT itu.

G-20 Belum Pasti

Jika dalam KTT ASEAN dan KTT APEC, kehadiran Presiden Jokowi sudah hampir pasti. Tidak demikian halnya degan KTT G-20 yang akan dilaksanakan di Brisbane, Australia pada 15-16 November 2014.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, bahwa kehadiran Presiden Jokowi belum bisa dipastikan.

“Mudah-mudahan beliau akan hadir,” kata Retno saat ditanya mengenai kepastian kehadiran Jokowi di forum G-20.

Kepada wartawan yang menemuinya di di Kementerian Luar Neger, Jakarta,  Senin (3/11), Menlu Retno Marsudi tidak memberikan jawaban jelas mengenai partisipasi di ajang bergengsi tersebut.

“Kita tunggu nanti ya,” ujar mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu.

Sebelumnya, saat menerima Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbot malam hari selepas pelantikanya sebagai Presiden, Senin (20/10) lalu, Jokowi mengaku masih belum menentukan keputusannya. (Humas Kemlu/ES)

Berita Terbaru