Hadiri Pembukaan Kriyanusa, Ibu Hani Pramono Apresiasi Kerajinan Nusantara

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 13 September 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 2.721 Kali

Ibu Hani Pramono bersama anggota OASE KIM lainnya pada Pembukaan Kriyanusa 2023, di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (13/09/2023). (Foto: Humas Setkab/Jay)

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Kabinet (Setkab) Ibu Hani Pramono Anung menyampaikan apresiasi terhadap produk kerajinan dari berbagai daerah di tanah air.

Hal tersebut disampaikan Hani usai menghadiri pembukaan sekaligus meninjau Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023, Rabu (13/09/2023). Pameran yang secara resmi dibuka oleh Ibu Iriana Joko Widodo (Jokowi) tersebut berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

“Pengrajin Indonesia sudah semakin bagus, terus kualitasnya juga semakin bagus. Saya harapkan untuk ke depannya mereka tetap mempertahankan kualitasnya, terutama mungkin dari segi pewarnaan, komposisi warna,” ujar Hani.

Hani pun mengaku selalu antusias untuk mengikuti pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh daerah di tanah air ini. Menurut Hani, dari waktu ke waktu pameran ini selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru dari para pengrajin Indonesia.

“Saya sebagai anggota Dekranas selalu mengharapkan [kehadiran] acara Kriyanusa ini yang diikuti oleh semua provinsi di Indonesia. Ini ajang masing-masing provinsi untuk memperlihatkan hasil kerajinannya,” ujar Hani.

Lebih lanjut, Hani juga menyampaikan dukungan Dekranas terhadap para pengrajin yang diwujudkan dalam berbagai program pelatihan dan pembinaan.

“Dekranas juga mengadakan pelatihan untuk membina para pengrajin. Diharapkan dengan pelatihan tersebut, pengrajin bisa meningkatkan, paling tidak mempertahankan kualitasnya,” tandasnya.

Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Ibu Sri Suparni Bahlil menyampaikan bahwa pameran yang diselenggarakan pada tanggal 13-17 September 2023 ini merupakan salah satu upaya Dekranas dalam pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya.

“Kegiatan pameran ini merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk lokal mendorong penciptaan dan pengembangan produk-produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia,” kata Sri.

Pameran Kriyanusa menghadirkan sebanyak 307 stan pameran yang berasal dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi, kabupaten/kota, kementerian, serta lembaga. Sri mengatakan, pameran tersebut melibatkan persaingan nasional untuk mengembangkan dan menampilkan produk unggulan khas Indonesia.

“Utamanya dapat membuka pandangan para pelaku usaha terhadap perkembangan desain terkini yang sesuai dengan selera pasar,” ucap Sri.

Acara pembukaan Kriyanusa juga diisi oleh pertunjukan hiburan dari Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, tarian lenggang pesona Jakarta, persembahan lagu, dan peragaan busana bertemakan Indonesia.

Pada kesempatan itu Ibu Hani Pramono bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) lainnya turut mendampingi Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Wury Ma’ruf Amin meninjau sejumlah stan pameran Kriyanusa yang menghadirkan produk-produk kriya lokal. (DID/JW/UN)

Berita Terbaru