Hadiri Peringatan Waisak, Presiden Jokowi Ajak Umat Budha Tebarkan Kebaikan Kepada Sesama

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 Juni 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 23.329 Kali
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menghadiri menghadiri Perayaan Dharmasanti dalam rangka Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2559 BE/2015, di Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Selasa (2/6) malam.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menghadiri Perayaan Dharmasanti Hari Raya Waisak 2015, di Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Selasa (2/6) malam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana menghadiri Perayaan Dharmasanti dalam rangka Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2559 BE/2015, yang diselenggarakan di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6) malam.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan salam hormat kepada seluruh umat Budha di seluruh tanah air Indonesia. “Selamat merayakan Hari Suci Waisak, hari yang disucikan dan dimuliakan oleh seluruh umat Budha di dunia. Semoga perayaan Hari Suci Waisak tahun ini dapat membawa ketentraman, kebahagiaan, dan kedamaian, tidak saja bagi umat Budha tetapi juga bagi umat manusia seluruhnya,” ucapnya.

Presiden Jokowi mengajak umat Budha di seluruh tanah air untuk meneladani Sidharta Budha Gautama, yang telah mengajarkan dharma yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan yang mendalam, serta pencerahan tentang hakekat dan makna kehidupan umat Budha yang sejati.

Meneladani Sang Budha, kata Kepala Negara, dimulai dari menghadirkan semangat untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal.

“Nilai-nilai kemanusiaan tersebut harus terefleksi dalam perilaku manusia sehari-hari. Bukan hanya untuk selalu membantu mereka yang menderita dan saling membahagiakan sesama, namun juga menjadi membahagiakan semua makhluk ciptaan Tuhan dengan menjaga kelestarian dan keseimbangan alam, dan menghindarkan sifat rakus terhadap alam untuk memenuhi kepentingan diri sendiri,” tutur Jokowi.

Presiden menegaskan, bahwa membangun sebuah bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian tentu tidak semudah membalikan tangan. Diperlukan perjuangan, diperlukan pengorbanan dalam menempuh berbagai ujian dan cobaan sebagaimana yang dicontohkan oleh Budha Gautama.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh umat Budha di tanah air untuk senantiasa merenungkan kembali apa yang telah disampaikan Sang Budha dan menebarkan kebaikan kepada sesama.

“Saya mengajak umat Budha di seluruh tanah air untuk menjadikan peringatan Hari Suci Waisak tahun ini sebagai momentum dalam membangun nilai-nilai luhur bangsa dan bersama semua anak bangsa untuk tetap menjaga sesanti yang ditulis dalam kitab Sutasoma, Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa,” tutur Jokowi mengakhiri sambutannya.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Meteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru