Hadiri Rangkaian KTT Ke-43 ASEAN, Para Pemimpin Negara Mitra Tiba di Tanah Air

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 5 September 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 4.051 Kali

PM Australia Anthony Albanese (tengah) bersama pasangannya Jodie Haydon (kiri) berjalan didampingi Direktur Konsuler Kemlu Simon Djatmoko Erwantoro Soekarno (kanan) setibanya di Terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (05/09/2023). (Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Muhammad Adimaja/pras)

Sejumlah pimpinan negara mitra ASEAN telah tiba di tanah air untuk mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 5-7 September 2023.

Mengawali kedatangan yaitu Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau yang tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (05/09/2023) sekitar pukul 11.35 WIB.

Ketibaan PM Trudeau disambut oleh jajar pasukan kehormatan dan tarian tradisional. Tampak menyambut PM Trudeau yaitu Pj. Gubernur Banten Al Muktabar dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Muhammad Rachmat Kaimuddin.

Selanjutnya adalah Premier Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang yang tiba sekitar pukul 15.30 WIB. Tampak menyambut kedatangan Premier Li Qiang yaitu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Kemudian Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol beserta pendamping yang tiba sekitar pukul 16.40 WIB. Ketibaan Presiden Republik Korea disambut oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto.

Selanjutnya tampak pesawat yang membawa Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dan pendamping mendarat sekitar pukul 18.00 WIB. Di tangga pesawat, PM Jepang dan pendamping disambut oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kasunagi Kenji.

PM Australia Anthony Albanese adalah pemimpin yang tiba selanjutnya. Pesawat yang membawa PM Albanese dan pendamping beserta delegasi mendarat sekitar pukul 20.15 WIB. Ketibaan PM Albanese disambut oleh Direktur Konsuler Kementerian Luar Negeri, Simon Djatwoko Irwantoro Soekarno.

Ketibaan selanjutnya adalah Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris. Wapres AS yang tiba sekitar pukul 22.00 WIB disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Agenda Hari Ke-2 KTT Ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya
Pada hari kedua KTT ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya, Rabu (06/2023), Presiden akan memimpin sejumlah sidang.

Pertama, KTT ke-26 ASEAN-RRT yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier RRT Li Qiang. Kemudian KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan PM Jepang Fumio Kishida.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan ini juga akan dihadiri oleh pemimpin negara RRT, Republik Korea, dan Jepang. Kemudian Presiden Jokowi akan memimpin KTT ke-11 ASEAN-AS yang dihadiri oleh Wapres AS Kamala Harris.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada akan digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau. Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo akan menjamu para pemimpin negara dan pendamping dalam jamuan santap malam KTT ke-43 ASEAN. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru