Hari Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Sejumlah KTT Bahas Keamanan Kawasan ASEAN

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 7 September 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 20.962 Kali
Presiden Jokowi didampingi Menlu, Seskab, dan Mendag menghadiri Sidang Pleno KTT ASEAN ke-28, di NCC, Vientiane, Laos, Selasa (6/9) sore. (Foto: Setpres/Laily)

Presiden Jokowi didampingi Menlu, Seskab, dan Mendag menghadiri Sidang Pleno KTT ASEAN ke-28, di NCC, Vientiane, Laos, Selasa (6/9) sore. (Foto: Setpres/Laily)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengikuti beberapa pertemuan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Association Southeast Asian Nations (ASEAN) dengan beberapa negara di sekitar kawasan dalam rangkaian kunjungan kerja hari ketiga di National Convention Center (NCC), Vientiane, Laos.

Negara-negara yang dijadwalkan akan bertemu dengan ASEAN diantaranya Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Republik Korea, dan Australia.

Saat konferensi pers usai agenda KTT ke-28 Selasa (6/9) petang, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa isu yang dibahas dalam KTT itu umumnya mengenai isu stabilitas kawasan.

Menlu menyampaikan bahwa stabilitas di Asia Tenggara ini merupakan kebanggaan dari ASEAN. Namun, lanjut Menlu mengutip pernyataan Presiden Jokowi, akhir-akhir ini terdapat dinamika yang perlu mendapatkan perhatian kita.

“Yang pertama, situasi di Laut China Selatan. Kemudian, yang kedua adalah situasi di Semenanjung Korea. Dan yang ketiga, adalah situasi perairan di sekitar Sulu,” jelas Menlu.

Setelah makan siang, Presiden Jokowi bersama kepala negara ASEAN berencana mengikuti rangkaian acara KTT ASEAN Plus Three dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam pertemuan KTT ASEAN kali ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, dan Mendag Enggartiasto Lukito. (EN/ES)

Berita Terbaru