Humas Pemerintah Wajib Diseminasikan Paket Kebijakan Ekonomi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 September 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 27.551 Kali
Menkominfo Rudi Antara didampingi Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi dalam Forum Tematik Bakohumas, di Jakarta, Selasa (15/9) pagi

Menkominfo Rudiantara didampingi Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi dalam Forum Tematik Bakohumas, di Jakarta, Selasa (15/9) pagi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengingatkan kewajiban Humas Pemerintah untuk mendiseminasikan kebijakan, termasuk di antaranya mendiseminasikan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap I September 2015, yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 September lalu.

Dalam kaitan sosialisasi kebijakan tersebut, Kominfo berharap bahwa Humas Pemerintah bertugas untuk merespons kebijakan bersama, membuat pendalaman.
“Dengan demikian, narasi tunggal terkait deregulasi kebijakan dalam paket ekonomi tahap pertama dapat dilakukan dan tidak ada perbedaan persepsi dari tiap-tiap kementerian/lembaga,” kata Rudiantara pada Forum Tematik Bakohumas yang diselenggarakan di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), di Jakarta, Selasa (15/9) pagi.

Menkominfo Rudiantara mengemukakan, siang ini pihaknya mengumumkan kementerian yang masuk dalam tugas terkait deregulasi kebijakan dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap I September 2015 itu.

Komitmen

Sementara itu Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, Pemerintah membutuhkan Humas untuk menginformasikan dan juga komitmen yang kuat untuk menegakkan demokrasi.

Yuddy mengingatkan,  untuk memberitakan setiap capaian pemerintah tersebut, Humas membutuhkan pengetahuan yang memadai dan mengetahui hal makro. Selain itu, Yuddy meminta Humas Pemerintah untuk menyampaikan informasi yang menyadarkan masyarakat sehingga dukungan, peran, dan tanggung jawab menjadi milik bersama.

“Untuk mengukur keberhasilan kinerja Humas, bisa dilihat dari minimnya yang melakukan kontra dan meningkatnya dukungan terhadap kebijakan pemerintah di berbagai bidang. Dengan demikian, setiap penanggulangan masalah yang terjadi dapat diselesaikan karena masyarakat mengerti bahwa pemerintah menyelesaikan permasalahan tersebut,” kata Yuddy.

Acara Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN & RB)  itu mengangkat tema, “Peran Humas dalam Sinergi Kampanye Revolusi Mental ASN dan Reformasi Birokrasi”.

Selain dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, para pejabat eselon satu, hadir pula dalam acara itu para pemangku unit kehumasan di Kementerian dan Lembaga.  (EN/KMT/ES)

Berita Terbaru