Humas UGM ‘Benchmark’ ke Humas dan Protokol Setkab

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 Mei 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 16.400 Kali
Kabid Informasi Humas Setkab Said Muhidin menerima rombongan Humas UGM yang melakukan 'Benchmark', di kantor Setkab, Jakarta, Rabu (3/5) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Kabid Informasi Humas Setkab Said Muhidin menerima rombongan Humas UGM yang melakukan ‘Benchmark‘, di kantor Setkab, Jakarta, Rabu (3/5) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melalui Bagian Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol (Humas dan Protokol) berkunjung ke Sekretariat Kabinet (Setkab) di Gedung 3 Kemensetneg, Jakarta, Rabu (3/5).  Dalam kunjungan kali ini, Humas dan Protokol UGM ingin melaksanakan benchmark dan diskusi dengan Humas Setkab dalam pengelolaan media cetak dan elektronik maupun media sosial.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, dalam sambutannya menyampaikan meski ada hubungan dengan Kementerian, namun universitas itu layaknya kenegaraan. Ia menambahkan bahwa Rektor itu seperti halnya Presiden dalam sebuah negara dengan seluruh perangkat yang melekat dalam struktur dan kelembagaan resmi.

“Kami dituntut bukan hanya memiliki performa baik dalam hal administrasi, namun juga dalam pengelolaan media, baik cetak maupun elektronik terutama saat ini media sosial,” tutur Iva.

Kecepatan penyampaian informasi itulah, menurut Iva, yang ingin untuk berbagi dengan pengelolaan media sosial Setkab.

“Apakah ada aturan, do’s and don’ts dalam pengelolaan media sosial Setkab, lalu bagaimana dengan para admin atau pengelola di masing-masing akun,” tutur Iva.

Pengelolaan media sosial di UGM, lanjut Iva, saat ini setidaknya ada 3 level proses penanggung jawab. Ia menambahkan ada yang memang persetujuan di level admin, ada yang naik ke atas hingga pengambil kebijakan tertinggi di universitas.

“Untuk itu, kali ini kami ingin mengetahui bagaimana proses yang dijalankan oleh Setkab terutama saat krisis, mengalami bully dan penanganannya,” pungkas Iva.

Pengelolaan Media di Setkab

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Said Muhidin, yang mewakili Asdep Humas dan Protokol Sekretariat Kabinet, menyampaikan bahwa selain website setkab.go.id, ada 4 akun media sosial yang juga dikelola oleh Setkab.

Dalam pengelolaannya, menurut Said, dimulai dari informasi acara hingga penugasan peliputan sampai dengan proses diseminasi informasi.

“Selain informasi yang diliput sendiri, Setkab juga membantu kementerian/lembaga lain dalam menyebarluaskan informasi agar program pemerintah dapat sukses,” pungkas Said.

Acara benchmark Humas UGM dengan Humas Setkab berlangsung secara interaktif dan berjalan efektif selama dua setengah jam.

Selain Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Arianty, hadir pula Kepala Subbagian Layanan Informasi UGM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Setkab, dan Kepala Bidang Protokol Setkab serta perwakilan pejabat dan pegawai dari masing-masing instansi. (EN/RAH/ES)

 

Berita Terbaru