Ibu Ani Bangga Menggunakan Batik Sebagai Busana Nasional

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 27.361 Kali
Ibu Negara Ani Yudhoyono saat Hari Batik Nasional 2014 di Kementerian Perindustrian

Ibu Negara Ani Yudhoyono saat Hari Batik Nasional 2014 di Kementerian Perindustrian

Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono mengaku lega dan bangga mengenakan batik sebagai busana nasional selama mendampingi presiden melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara.

“Pagi tadi saya menyiapkan batik untuk Bapak Presiden. Saya pesan kepada beliau bahwa hari ini hari batik jangan lupa pakai batik,” kata Ibu Ani saat membuka peringatan Hari Batik Nasional di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (2/10) pagi.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara yang didampingi Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam mengingatkan masyarakat, bahwa terhadap batik sebagai budaya nasional, kita tidak cukup dengan rasa bangga tapi harus diikuti dengan upaya melestarikannya. Ia menyebutkan, banyak cara melestarikan batik, salah satunya dengan memakainya

Ibu Ani yang hadir di acara tersebut dengan mengenakan batik motif Sidomulyo, yang dipadu kebaya hijau, menunjuk dirinya sendiri. “Ini bukti nyata melestarikan batik,” katanya.

Sementara Menteri Perindustrian (Menperin) MS. Hidayat menyampaikan pujian kepada Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono yang selalu berbusana batik selama mengikuti kunjungan kenegaraan presiden ke tiga negara, Portugal, Amerika Serikat, dan Jepang, beberapa waktu lalu.

“Saya berharap setelah tanggal 20 Oktobet nanti Ibu Ani tetap jadi promotor batik,” pinta Menperin MS Hidayat .
Diselenggarakan Kemenperin dan YBI

Pameran batik yang dibuka oleh Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono itu diselenggarakan oleh Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Yayasan batik Indonesia (YBI).

Pameran yang dimaksudkan untuk tetap melestarikan dan mengembangkan batik Indonesia agar tetap eksis sehingga pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia tetap dapat dipertahankan, pameran diselenggarakan pada 30 September – 3 Oktober 2014, di Plaza Pameran Perindustrian, Kemenperin, Jakarta.

Bertema “Slogan, Seni Batik Klasik”, peringatan Hari Batik ini disemarakkan peragaan busana batik karya perancang Oscar Lawalata.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ibu Herawati Boediono, Ibu Try Soetrisno, anggota Wantimpres Ginandjar Kartasasmita, Pembina YBI Yultin G. Kartasasmita, dan pembina Ikatan Keluarga Sekretariat Kabinet (IKSK) Ninik Setyawati Dipo Alam.

(Wid/Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru