Ibu Hani Pramono Anung Dukung Pengembangan Kewirausahaan Perempuan di Setkab

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 3.514 Kali

Penasihat DWP Hani Pramono Anung didampingi Ketua DWP Setkab Nani Yuli Harsono dan Wakil Ketua DWP Setkab Dessy Fadlansyah Lubis melakukan peninjauan bazar UMKM Setkab, di Lobi Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (22/08/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Kabinet (Setkab) mendukung penuh pengembangan kewirausahaan perempuan di Setkab, khususnya di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Hani saat memberikan sambutan pada acara bincang-bincang mengenai kewirausahaan perempuan bertajuk “Perempuan Berwirausaha: Mulai Dari Mana?”

“Ini penting karena perempuan mempunyai peranan strategis dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan membangun kewirausahaan di Indonesia,” ujar Hani.

Hani menekankan, pelaku UMKM memiliki peran yang signifikan dalam menggerakkan roda perekonomian. Ia mengutip data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) tahun 2022 yang menunjukkan bahwa 64 juta UMKM berkontribusi 60 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan 64 persen pelaku UMKM tersebut adalah perempuan.

Lebih detail, data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tahun 2022 menunjukkan bahwa kaum perempuan mengisi 34 persen pelaku usaha menengah, 50,6 persen usaha kecil, dan 52,9 persen usaha mikro.

“Dari data di atas dapat terlihat bahwa kaum perempuan mempunyai peranan yang besar sebagai pribadi, istri, ibu maupun warga negara. Perempuan tidak saja berperan sebagai poros utama dalam keluarga, tetapi juga berkontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa dan negara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Penasihat DWP juga menyampaikan apresiasi kepada para anggota DWP maupun aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Setkab yang telah berani dan gigih memulai wirausaha.

“Semoga usaha ibu-ibu terus berkembang dan hasilnya dapat membantu ekonomi keluarga,” tandasnya.

Turut menjadi narasumber dalam acara tersebut yaitu Kepala Bidang UKM, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Provinsi DKI Jakarta Adhitya Pratama Yudha Saputra yang membahas mengenai pendampingan dan pelatihan UMKM, Standard Credit Account Officer, BNI, Edo Bagus Herkusuma yang berbicara mengenai pembiayaan UMKM, serta Diana Aletheia Balienda dari Google Gapura Digital & Women Will yang membahas mengenai strategi pemasaran digital.

Turut hadir dalam acara ini Endang Budi Karya Sumadi, Ketua DWP Kementerian Perhubungan Wahyu Novie Riyanto, Staf Khusus Wakil Presiden Zumrotul Mukaffa, Staf Ahli Kementerian Sekretariat Negara Sari Harjanti, Ketua Bidang Ekonomi DWP Pusat Tini Warif, Ketua DWP Setkab Kartini R. Yuli Harsono, dan Wakil Ketua DWP Setkab Dessy Fadlansyah Lubis.

Bazar UMKM Setkab

Dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran Katalog 30 UMKM Perempuan Setkab. Usai peluncuran Penasihat DWP didampingi Ketua DWP Setkab Nani Yuli Harsono dan Wakil Ketua DWP Setkab Dessy Fadlansyah Lubis melakukan peninjauan bazar UMKM Setkab yang diselenggarakan di Lobi Gedung III Kementerian Sekretariat Negara. Produk yang disajikan dalam bazar tersebut, antara lain, aneka makanan dan minuman, fesyen, buku, obat-obatan herbal, dan kerajinan tangan.

Hani terlihat membeli sejumlah produk seperti keripik, buku cerita anak, dan mukena. Ia menilai produk-produk yang disajikan pada bazar sangat beragam dan memiliki kualitas yang cukup baik.

“Saya harap kualitas itu dipertahankan dan mungkin ditingkatkan untuk ke depannya. Dan, semoga dari lingkungan sini pun akan membeli produk-produk tersebut, jadi kan kita membantu,” ujarnya.

Hani juga berharap DWP Setkab dan pihak terkait lainnya dapat memberikan dukungan terhadap pelaku UMKM di lingkungan Setkab sehingga usaha mereka dapat lebih berkembang.

“Ke depannya sih saya harap lebih difasilitasi untuk kegiatan bazar, supaya lebih beragam lagi [produknya],” tandasnya. (TGH/UN)

Berita Terbaru