Intensifkan Kerjasama, Seskab Andi Wijayanto Terima Kunjungan Dubes Jerman

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Desember 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 21.546 Kali
Seskab Andi Wijayanto didampingi para deputi menerima kunjungan Dubes Jerman Georg Witschel , di ruang kerjanya, Jumat (12/12)

Seskab Andi Wijayanto didampingi para deputi menerima kunjungan Dubes Jerman Georg Witschel , di ruang kerjanya, Jumat (12/12)

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menerima courtesy call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Federal Jerman untuk Republik Indonesia, Timor Leste dan ASEAN Georg Witschel  di ruang kerjanya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/12) petang.

Pertemuan membahas beberapa kerja sama bilateral yang telah dilakukan baik oleh Indonesia maupun Jerman. “Cukup luas, ada kerja sama di bidang pendidikan, kerja sama di bidang infrastruktur, . Mereka punya lembaga pendanaan GIZ yang sudah bekerja di Indonesia puluhan tahun, juga yayasan-yayasan mereka,” kata Andi.

Sebelumnya pada 16 September 2014, Georg Witschel menemui Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Georg, dia datang untuk membicarakan peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Jerman. Ia menyebutkan, Pemerintah Jerman akan mengintensifkan kerja sama antara kedua negara.

“Dan seperti yang kita semua tahu, Bapak Jokowi ingin mengimplementasikan, ingin mewujudkan, bukan hanya omong-omong saja,” kata Georg.

Selama pertemuan itu, Georg dan Jokowi juga berbicara tentang investasi, kerja sama pendidikan, kerja sama industri teknologi tinggi, dan kerja sama sektor maritim. “Khususnya dalam hal pengadaan armada kapal yang baru, transfer pengetahuan teknologi ke Indonesia sehingga generasi ahli bisa mulai muncul di Indonesia,” kata Dubes Jerman itu.

Mengenai pertemuannya dengan Seskab Andi Wijayanto, Georg menjelaskan, ia juga  membicarakan kerja sama lebih lanjut di bidang pertahanan dan keamanan serta bertukar pikiran tentang isu politik global seperti konflik Timur Tengah dan Ukraina.

“Tadi itu diskusi yang sangat luas dan bagus. Saya sangat bersyukur diberi kesempatan ini,” kata Georg.

(WID/Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru