Irman Gusman Terpilih Kembali Jadi Ketua DPD-RI

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 26.153 Kali
Irman Gusman didampingi GKR Hemas dan Farouk Muhammad

Irman Gusman didampingi GKR Hemas dan Farouk Muhammad

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Barat, Irman Gusman, terpilih kembali menjadi ketua DPD-RI periode 2014-2019. Irman menyisikan Farouk Muhammad dalam babak akhir pemilihan Ketua DPD-RI, pada pada rapat paripurna DPD RI Senayan Jakarta, Kamis (2/10) malam.

Dalam rapat yang dipimpin oleh pimpinan sementara Aidil Fitri Syah itu, Irman Gusman memperoleh 66 suara, sementara Farouk Muhammad memperoleh 53 suara.

Sebelum memasuki babak akhir, ada 8 (delapan) calon pimpinan DPD-RI yang mewakili wilayah Barat, yaitu Irman Gusman dan Intsiawati Ayus. Untuk wilayah tengah GKR Hemas dan Oesman Sapta Odang, sedangkan untuk wilayah Timur, Nono Sampono, Bahar Ngitung, Farouk Muhammad dan Gede Pasek Suardika.

Dalam pemungutan suara pertama kali untuk wilayah Barat, Irman Gusman mendapatkan suara 90, dan Intsiwati Ayus 22. Sedangkan untuk wilayah tengah, GKR Hemas memperoleh 61 dan Oesman Sapta Odang 61. Sementara untuk wilayah Timur, Farouk Muhammad 49, Bahar Ngitung 19, Nono Sampono 47, dan Gede Pasek enam suara.

Karena hasil pemilihan suara di wilayah tengah, antara GKR Hemas dan Oesman Sapta Odang sama-sama meraih suara 61 maka dilakukan pemilihan suara ulang. Akhirnya dalam pemilihan ulang GKR Hemas memperoleh suara 64 dan Oesman Sapta 60.

Selanjunya, dilakukan pemilihan Ketua DPD dengan tiga kandidat yang masing-masing mewakili wilayah Barat (Irman Gusman), Tengah (GKR Hemas), dan Timur (Farouk Muhammad). Hasilnya, Irman Gusman meraih 54 suara, GKR Hemas 38 suara, dan Farouk Muhammad 32 suara.

Pimpinan sidang Aidil Fitri Syah menyampaikan perlunya dilakukan pemilihan ulang oleh dua kandidat teratas, karena belum ada kandidat yang mendapatkan suara 50% + 1. Hasil penghitungan akhir adalah , Irman Gusman memperoleh 66 suara, sementara Farouk Muhammad memperoleh 53 suara. Sehingga dengan demikian, Irman Gusman terpilih kembali sebagai Ketua DPD-RI untuk jabatan periode 2014-2019.(*/ES)

Berita Terbaru