Jabat Seskab, Andi Widjajanto Minta Dipanggil ‘Mas AW’

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 50.448 Kali
Seskab Andi Widjajanto menerima memori jabatan dari mantan Seskab Dipo Alam, dalam sertijab, Senin (3/11)

Seskab Andi Widjajanto menerima memori jabatan dari mantan Seskab Dipo Alam, dalam sertijab, Senin (3/11)

Usai menghadiri sidang kabinet paripurna pertamanya pagi ini (3/11), Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto menghadiri acara Serah Terima Jabatan Sekretaris Kabinet dari pejabat sebelumnya, Dipo Alam, di Aula Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara, Senin (3/11) siang.

Dalam acara serah terima jabatan tersebut, Andi menyampaikan tiga hal dalam pidatonya, “Pertama, kita kasih tepuk tangan yang meriah sekali lagi pada Bapak Dipo Alam karena beliau yang telah menjabat dalam Kabinet SBY.”

Andi melanjutkan, secara hukum, ia memang baru dilantik pagi ini tapi meski begitu, ia sudah bekerja sebagai Sekretaris Kabinet bahkan sebelum menteri dilantik.

“Yang kedua, Ibu Bapak bisa melihat bahwa karakter kami berbeda setidaknya dari usia. Kalau dulu,  Bapak Dipo Alam ditempatkan sebagai ketua kelas oleh menteri-menteri. Kalau ada apa-apa Pak Dipo yang menjadi penengah atas friksi-friksi yang ada di menteri. Kalau saya kebalikannya, saya cenderung yang paling muda di antara menteri-menteri itu. Jadi mungkin Anda bisa melihat bahwa kitalah yang paling akan direpotkan oleh para menteri,” ungkap Andi.

Andi menambahkan bahwa tugasnya sebagai Seskab adalah mengerjakan apa saja untuk meyakinkan kerja Presiden, kerja kabinet berjalan mulus, dan berjalan lancar.

“Saya tidak suka kerja keras, saya suka kerja yang cerdas bukan kerja keras. Jadi, motto saya dalam bekerja adalah do less get more. Kerjanya lebih sedikit tapi dapatnya lebih banyak. Kalau sesuatu bisa kita selesaikan satu jam, kenapa kita kerjakan dalam satu minggu,” terang Andi.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menyampaikan prioritas ke depannya hanya dua, pertama, mewujudkan karakter do less get more. Kedua, memastikan bahwa semua yang bekerja di Sekretariat Kabinet ini kesejahteraannya baik.

“Karyawan yang bahagia akan membuat pekerjaan lebih mudah dilakukan, selanjutnya nanti atasan seperti saya juga lebih mudah berinteraksi lebih baik,” ujar Andi.

Mengingat usianya yang masih terbilang muda dan agar interaksi dapat terjalin lebih baik, Sekretaris Kabinet meminta para pejabat yang hadir agar jangan ragu-ragu untuk memanggilnya ‘Mas’. “Silahkan panggil saya Mas AW,” pinta Andi.

Hal yang ketiga atau terakhir, Sekretaris Kabinet kembali meminta para pejabat yang hadir untuk bertepuk tangan sekali lagi bagi Dipo Alam.

Pada kesempatan tersebut, Mantan Sekretaris Kabinet Dipo Alam menyampaikan ucapan selamatnya kepada Seskab Andi Widjajanto. “Selamat kepada Sekretaris Kabinet, Bapak Andi Widjajanto dan Ibu Debi karena dipercayakan oleh Presiden Jokowi dan Wapres, dalam Kabinet Kerja. Kami ucapkan selamat dan mudah-mudahan sukses selalu dan kami percaya dalam menjalankan tugas, Bapak Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet akan tambah maju lagi, tentunya akan lebih maju dari yang pernah saya pimpin,” ujar Dipo.

Dalam kesempatan selain serah terima jabatan, Dipo Alam menyerahkan  Buku Memori Jabatan Sekretaris Kabinet dan Buku Renstra Sekretariat Kabinet 2015-2019 kepada Andi Widjajanto.

Acara Serah Terima Jabatan Sekretaris Kabinet dihadiri oleh 115 pejabat yang terdiri dari para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet, serta para pejabat eselon III Sekretariat Kabinet.

(Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru