Jaga Ekosistem, Presiden Jokowi Lepas 190 Burung di Kebun Raya Bogor

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 Januari 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 11.092 Kali
Presiden Jokowi saat melepas burung di Kebun Raya Bogor, Jabar, Minggu (3/1) pagi (Foto:Biro Pers, Media, dan Informasi/Setpres)

Presiden Jokowi saat melepas burung di Kebun Raya Bogor, Jabar, Minggu (3/1) pagi (Foto:Biro Pers, Media, dan Informasi/Setpres)

Setelah sehari sebelumnya membeli di Pasar Burung Pramuka, Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas 190 ekor burung di Kebun Raya Bogor, Jabar, Minggu (3/1) pagi. Burung yang dilepas itu terdiri atas berbagai jenis antara lain Puter, Perkutut, Kutilang Sutra, Kutilang Biasa, Jalak Kebo, Jalak Nias, Jalak Biasa, Kapasan, dan Trucuk.

Pelepasan burung yang dilakukan dalam suasana santai tanpa protokoler itu seolah mengulang kebiasaan yang selama ini kerap dilakukan oleh Presiden Jokowi. Pada Februari 2015 misalnya, Presiden Jokowi melepas ratusan burung di Istana Merdeka dan Istana Kepresidenan Bogor.

Tidak hanya burung, Presiden Jokowi juga melepas ikan-ikan ke aliran sungai Ciliwung dan kolam Kebun Raya Bogor.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam siaran persnya menyebutkan, tujuan Presiden melepas burung dan ikan ini agar ekosistem alam tetap terjaga dengan baik, terutama di kawasan perkotaan.

“Presiden mengamati bahwa jumlah burung semakin berkurang, apalagi di Istana Kepresidenan Jakarta. Untuk itulah, Presiden menginginkan agar di Istana Kepresidenan Bogor dan Kebun Raya Bogor keberadaan burung dan ikan harus dilindungi dan jumlahnya diperbanyak,” bunyi siaran pers itu.

Sebelumnya pada Sabtu (2/1), usai makan siang di sebuah restoran di rumah makan di kawasan Pasar Baru Jakarta, Presiden Jokowi ditemani seorang putranya membeli 190 ekor burung dari berbagai jenis, di Pasar Burung Pramuka, Jakarta. (TKP/ES)

Nusantara Terbaru