Jalan Tol Solo – Kertosono Akan Dimanfaatkan Untuk Arus Mudik Lebaran Tahun Ini

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 Mei 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 16.866 Kali

Solo - KertosonoKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga merencanakan akan memanfaatkan jalan tol Solo – Kertosono (Soker) yang saat ini masih dalam konstruksi sebagai jalur alternatif pada masa angkutan lebaran tahun ini. Guna mendukung rencana ini Ditjen Bina Marga juga akan terus mempercepat konstruksi jalan tol Solo – Kertosono itu.

“Kita mau manfaatkan dari interchange Solo di dekat Bandara Adi Soemarmo lalu keluar di Sragen, ini hanya sebagai alternatif sementara, paling tidak untuk satu arah,” kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis Hidayat Sumadilaga saat meninjau Tol Soker, akhir pekan lalu.

Menurut Danis, pekerjaan konstruksi jalan tol Solo – Kertoso itu, di lapangan terus diintensifkan, agar dapat dimanfaatkan pada H-14. Ia menyebutkan, dari total panjang Jalan Tol Soker yang mencapai 177,1 Km, diharapkan 25 Km sudah dapat dipergunakan oleh pemudik pada lebaran kali ini.

Namun Danis menegaskan, dibukanya tol tersebut nantinya sangat situasional, mengingat kondisi kondisi jalan tol tersebut belum ideal layaknya tol secara umum. “Sifat dimanfaatkan nantinya hanya jika (beban) lalu lintas kendaraan di jalan nasional sudah sangat berat, dan hanya untuk satu arah. Kita akan koordinasi dengan Kepolisian , demi tetap menjaga aspek keselamatan,” ujarnya.

Jalan Tol Soker terbagi menjadi dua ruas yaitu Tol Solo – Ngawi sepanjang 90,1 Km dengan investor PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) dan tol Ngawi – Kertosono sepanjang 87 Km dengan investor PT Ngawi – Kertosono Jaya.

Agar layak secara finansial, sebagian ruas tol Soker dibangun dengan biaya APBN. Ruas tersebut adalah Colomadu-Karanganyar 20,9 km (bagian dari tol Solo – Ngawi) dan tol Saradan – Kertosono 37,5 Km (bagian dari tol Ngawi – Kertosono).

Sebagai informasi, percepatan pembangunan Tol Solo – Ngawi dan groundbreaking tol Ngawi – Kertosono telah dilakukan Presiden Joko Widodo pada April tahun lalu. Presiden menargetkan konstruksi Tol Soker dapat rampung dalam 2,5 tahun. (BKP Kementerian PUPR/ES)

Nusantara Terbaru