Jamin Seleksi Berlangsung Transparan, Deputi Administrasi Seskab Puji Kualitas Hasil Tes CAT CPNS

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 November 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 12.426 Kali
Deputi Bidang Administrasi, Deputi Bidang Polhukam, serta Karo SDM dan Ortala dalam satu sesi tes wawancara di Ruang Rapat Deputi Administrasi, Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (13/11). (Foto: Humas/Agung)

Deputi Bidang Administrasi, Deputi Bidang Polhukam, serta Karo SDM dan Ortala dalam satu sesi tes wawancara di Ruang Rapat Deputi Administrasi, Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (13/11). (Foto: Humas/Agung)

Sesuai dengan jadwal yang diberikan, Sekretariat Kabinet (Setkab), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), dan Unit Kerja Presiden Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) melakukan lanjutan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tes wawancara di Gedung Kemensetneg, Jakarta, mulai Senin-Jumat (13-17 November 2017).

Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Administrasi, Farid Utomo selaku Wakil Ketua Panitia Seleksi, menyampaikan bahwa tes wawancara saat ini diikuti oleh 240 peserta CPNS yang terdiri dari 216 orang untuk formasi Setkab dan 24 orang untuk formasi UKP-PIP yang dibagi mulai Senin hingga Jumat. 

“Perlu diketahui, bahwa para peserta CPNS yang hingga saat ini mengikuti seleksi itu akan mengisi jumlah formasi, baik umum maupun cumlaude, sebanyak 25 untuk Setkab dan 8 untuk UKP PIP sehingga total berjumlah 33 formasi,” ungkap Tomi, panggilan akrab Farid Utomo.

Berkaitan dengan proses rekrutmen CPNS yang sedang berjalan saat ini, Deputi Bidang Administrasi menyampaikan bahwa rekrutmen kali ini bagus untuk Setkab karena proses yang berlangsung saat ini adalah nasional.

Ia menambahkan bahwa rekrutmen ini diseleksi secara nasional yang kemudian ditindaklanjuti dengan tes bahasa Inggris dan wawancara, sehingga para user tahu betul kompetensi orang yang akan masuk menjadi pegawai.

“Mengenai transparansi, iya, karena, yang pertama ini sifatnya nasional dan bisa dilihat semuanya. Kemudian, hasil tesnya pun itu diumumkan, jadi transparan ndak ada yang main belakang lagi. Kemudian, wawancara juga transparan, dalam artian melihat kompetensi dari masing-masing peserta dan bisa menilai perilaku meskipun dilakukan dalam waktu yang singkat,” ujar Tomi.

Mengenai kualitas, lanjut Wakil Ketua Pansel, ternyata yang lulus hasil seleksi Computer Asissted Test (CAT) bagus-bagus dari universitas ternama dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) juga tinggi-tinggi.

Ia menambahkan bahwa dirinya merasa bersyukur punya gambaran ke depan, memiliki calon luar biasa.

“Rencana pengumuman Desember 2017, namun untuk kepastiannya menunggu pengumuman resmi dari Kementerian PANRB. Jadi, hasil ini nanti di-submit ke Kementerian PANRB dan BKN, nanti secara resmi akan disampaikan,” tambah Tomi.

Di akhir penjelasan, Tomi menegaskan kembali bahwa proses wawancara akan berlangsung dari Senin-Jumat, namun sejak hari ini peserta CPNS yang telah mengikuti proses dinilainya punya kompetensi yang baik. “Mereka masih muda dan punya ide bagus serta baik bagi Setkab ke depan,” pungkas Tomi.

Sebagai informasi, bahwa jumlah yang diperkirakan nantinya lulus seleksi CPNS, baik SKD dan SKB serta (Bahasa Inggris dan wawancara), sesuai formasi (umum dan cumlaude) yakni untuk Setkab sebanyak 74 orang dan UKP PIP sebanyak 10 orang sehingga total sebanyak 84 orang. (EN/AGG)

Berita Terbaru