Jawab Situasi, Pemerintah Segera Luncurkan Paket Kebijakan Besar

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 28.240 Kali
Menko Perekonomian Darmin Nasution

Menko Perekonomian Darmin Nasution

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak memanggil sejumlah menteri ekonomi, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution ke kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/8) pagi. Para menteri yang dipanggil itu adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Thomas Lemobang, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, bahwa Presiden Jokowi menyampaikan banyak hal, namun ia belum bisa menyampaikannya semua saat ini. “Kita diminta Presiden menyiapkan satu paket kebijakan yang besar untuk menjawab situasi sekarang,” kata Darmin kepada wartawan seusai pertemuan di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/8) siang.

Menurut Darmin, Presiden Jokowi meminta dan sudah merinci satu paket kebijakan besar yang sudah selesai dalam satu minggu ke depan, mungkin tidak harus semua, tetapi paling tidak sebagian besarnya.

Paket kebijakan besar itu, menurut Menko Perekonomian, menyangkut sektor riil, keuangan, deregulasi, kebijakan baru, tax holiday.

Ada berapa banyak? “Bisa banyak, saya belum hitung betul karena (saat pertemuan dengan Presiden) sibuk mencatat,” jelas Darmin.

Adapun mengenai tujuan akan dikeluarkannya Paket Kebijakan Besar itu, menurut Menko Perekonomian, adalah untuk memperlancar kegiatan ekonomi, dan mendorong masuknya valuta asing dari luar. (UN/DNS/ES)

Berita Terbaru