Jelang KTT Ke-43, Imigrasi Soekarno-Hatta Siapkan Fasilitas Khusus Perlintasan Delegasi

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 668 Kali

Pelayanan Imigrasi (Sumber: imigrasi.go.id)

Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta Tangerang menyiapkan sejumlah fasilitas khusus perlintasan keimigrasian yang terintegrasi. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto mengatakan bahwa fasilitas khusus itu disiapkan untuk menjamin kelancaran pemeriksaan delegasi KTT yang akan berlangsung pada tanggal 5-7 September 2023 tersebut.

“Kami menyediakan sejumlah fasilitas untuk menyambut kedatangan tamu dan delegasi KTT ke-43 ASEAN. Pertama, penyediaan perangkat mobile unit border control management, khusus untuk delegasi setingkat kepala negara/menteri,” ujar Tito, di Tangerang, Banten, Selasa (29/08/2023).

Tito mengatakan, sejumlah fasilitas khusus keimigrasian tersebut ditempatkan di Terminal 3 dan di Commercial Important Person (CIP) Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Fasilitas ini perlu disediakan untuk menunjang pemeriksaan para delegasi di tengah tingginya lalu lintas penumpang reguler,” imbuhnya.

Tito menegaskan, sebagai gerbang utama dan tersibuk di Indonesia, Imigrasi Soekarno-Hatta memiliki pengalaman dalam menyediakan fasilitas khusus pada setiap perhelatan internasional.

“Khusus untuk KTT ke-43 ASEAN, kami mempersiapkan layanan keimigrasian yang diduplikasi dari pelayanan KTT G-20 pada tahun 2022 lalu,” ujarnya.

Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin memastikan bahwa ASEAN tidak sebatas organisasi yang berperan bagi kawasan tapi juga untuk dunia.

Dalam rangkaian KTT ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka sekaligus memimpin 12 pertemuan. Rangkaian pertemuan tersebut adalah KTT ke-43 ASEAB dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (TIM KOMUNIKASI & MEDIA KTT KE-43 ASEAN/UN)

Simak berbagai informasi mengenai KTT ke-43 ASEAN melalui tautan ini.

Berita Terbaru