Jelang Penyelenggaraan PON XX, BNPB Kirimkan Tiga Juta Masker ke Papua

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 September 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 224 Kali

BNPB mengirimkan 3 juta masker, 3.000 boks alat tes antigen, dan 500 ribu botol handsanitizer guna mendukung penguatan penerapan protokol kesehatan pada penyelenggaraan PON. (Sumber: BNPB.go.id)

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua akan digelar pada Oktober mendatang. Untuk mendukung penerapan protokol kesehatan pada ajang olahraga nasioal tersebut, pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan tiga juta masker ke Papua.

Kepala BNPB yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Ganip Warsito menekankan bahwa tujuan pengiriman bantuan tersebut adalah untuk  mendukung kelancaran penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Meningkatkan kesiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran COVID-19 melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan,” ujar Ganip dikutip dari laman resmi BNPB, Rabu (22/09/2021).

Bantuan yang diangkut dengan pesawat Hercules TNI ini akan didistribusikan di sejumlah tempat penyelenggaraan PON XX, yang diperuntukkan bagi masyarakat maupun mereka yang akan menyaksikan pertandingan secara langsung. Selain masker, BNPB juga antara lain mengirimkan alat tes antigen sebanyak 3.000 boks dan handsanitizer sebanyak 500 ribu botol serta tenda keluarga, velbed, tenda gerai, dan beberapa bantuan logistik pendukung lainnya.

Hingga hari ini, Rabu (22/09/2021), sebagian bantuan logistik telah tiba di Papua. Pendistribusian bantuan akan diberikan kepada wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan PON XX, seperti di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupetan Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Pada pelaksanaan di lapangan, BNPB bersama Satgas Penanganan COVID-19 pusat dan daerah serta mitra terkait lain di wilayah Papua membantu dalam pendistribusian logistik tersebut.  BNPB juga mengoperasionalkan mobil masker untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas. Tak hanya itu, BNPB dan Satgas juga menyiapkan dan melatih para relawan daerah untuk mengedukasi maupun memonitor masyarakat untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Ganip menambahkan, sejumlah dukungan yang diberikan jelang PON Papua ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan setiap individu yang terlibat dalam menghadapi ancaman bencana selama penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“BNPB dan BPBD di daerah telah bersiaga untuk mengantisipasi potensi bahaya yang terkait dengan bencana alam. BNPB juga telah berkoordinasi dengan BPBD dalam kesiapan personel untuk mendukung kesiapsiagaan, seperti memastikan adanya tanda jalur evakuasi aman dari COVID-19 atau titik kumpul,” ujarnya.

PON XX Papua akan menggelar kompetisi di 37 cabang olahraga dengan melibatkan lebih dari 6.000 atlet dan 3.000 orang dari tim pelatih. Tempat penyelenggaraan utama akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe di Sentani Timur di Jayapura. Ajang olahraga ini akan berlangsung pada 2 hingga 15 Oktober mendatang. (BNPB/UN)

Kunjungi laman resmi BNPB melalui tautan ini.

Berita Terbaru