Jelang Piala Dunia Basket FIBA, Presiden Resmikan Indonesia Arena

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 7 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 3.437 Kali

Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Arena, di Senayan, Jakarta, Senin (07/08/2023). (Foto: Humas Setkab/Oji)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung olahraga Indonesia Arena, Senin (07/08/2023). Stadion yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) ini akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang akan berlangsung akhir Agustus hingga September mendatang.

“Hari ini kita telah memiliki yang namanya Indonesia Arena. Sebuah stadion dengan kapasitas 16 ribu penonton kurang lebih,” ujar Presiden.

Presiden pun mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dinilainya berlangsung dengan sangat cepat sekali.

“[Indonesia Arena] dibangun dengan biaya Rp640 miliar. Pembangunan ini selama 18 bulan, sangat cepat sekali,” ujarnya.

Indonesia Arena ini, kata Presiden, dapat dipakai untuk olahraga basket dan olahraga lainnya seperti bulutangkis, bola voli, maupun futsal.  Selain itu, stadion ini juga dapat dipakai untuk penyelenggaraan konser.

“Jadi sekarang yang mau konser silakan segera daftar, karena saya yakin ini akan banyak, akan lebih banyak digunakan untuk konser. Tapi saya lebih senang kalau dipakai untuk olahraga, tapi konser juga penting karena saya juga senang,” tandasnya.

Peresmian Indonesia Arena ini dimeriahkan oleh basketball celebrity match day antara Happy Ballers dan Kuy Media. Pertandingan yang berlangsung sebelum prosesi peresmian tersebut dimenangkan oleh Kuy Media dengan skor 17:8. Selain itu, acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan grup musik Cokelat dan penyanyi dangdut Wika Salim.

Turut hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Salahuddin Uno, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Selain itu, tampak hadir sejumlah selebriti tanah air, di antaranya Gading Marten dan Cinta Laura. (TGH/UN)

Berita Terbaru