Jendral Sutarman Langsung Pamit, Komjen Badrodin Haiti Minta Bantuan Masyarakat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 16 Januari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 124.891 Kali
Jendral Sutarman dan Komjen (Pol) Badrodin Haiti

Jendral Sutarman dan Komjen (Pol) Badrodin Haiti

Dua sikap berbeda ditunjukkan oleh Jendral Sutarman yang secara resmi mulai Jumat (16/1) malam ini diberhentikan dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), dan Wakil Kapolri (Wakapolri) Komjen (Pol) Badrodin Haiti yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pelaksana Tugas (PLT), wewenang, dan tanggung jawab sebagai Kapolri.

Jendral Sutarman yang hadir di Istana bersama Komjen (Pol) Badrodin Haiti saat Presiden Jokowi mengumumkan penunjukan Wakapolri sebagai PLT Kapolri, di Istana MerdekaJumat (16/1) malam,  menggunakan kesempatan tersebut sekaligus untuk berpamitan. Sementara  Komjen (Pol) Badrodin Haiti menggunakan kesempatan tersebut untuk meminta dukungan jajaran Polri dan masyarakat.

Menurut Jendral Sutarman, ia melaksanakan keputusan Presiden Jokowi untuk menyerahkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan Kapolri kepada Wakapolri,  yang ditugaskan dengan Keputusan Presiden juga untuk melaksanakan tugas-tugas Kapolri.

Kenapa diperlukan surat keputusan? Menurut Jendral Sutarman, karena Kapolri adalah sebagai pengguna anggaran dan sebagai pelaksana kegiatan di seluruh wilayah Polri.

“Oleh karenya, mulai detik ini, setelah saya terima ini seluruh kegiatan pembinaan dan operasional Polri sudah beralih kepada Bapak Wakapolri,” tegas Sutarman.

Mulai saat ini, lanjut Sutarman, kalau toh nanti ada acara seremonial di Polri, maka mulai detik ini (ini sekaligus pemberitahuan kepada seluruh anggota Polri di manapun berada dan bertugas), bahwa mulai saat ini, mulai detik ini, operasional dan pembinaan Polri akan dikendalikan oleh Wakapolri yang ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Kapolri.

Jendral Sutarman tak lupa menggunakan kesempatan tersebut untuk berpamitan kepada jajaran Polri dan masyarakat di seluruh tanah air.

“Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas seluruh dukungan selama saya menjabat Kapolri, dan terima kasih saya juga kepada seluruh anggota yang sudah melaksanakan tugas-tugas dengan baik sehingga kita mampu untuk mengamankan Indonesia sampai dengan saat ini,” kata Sutarman.

Jendral bintang empat Polri itu juga berharap, mudah-mudahan apa yang dilakukan Polri saat ini akan terus dilaksanakan oleh Wakapolri yang ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas Kapolri.

Bantuan Masyarakat

Sementara itu Wakapolri Komjen (Pol) Badrodin Haiti yang melalui Keppres ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai Kapolri menjelaskan, penunjukan dirinya itu karena memang tidak boleh ada kekosongan pimpinan di jajaran Polri.

Badrodin menjelaskan, bagian dari tugas dirinya sebagai Wakapolri itu manakala Kapolri berhalangan mewakili Kapolri di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Hanya saja tugas tersebut kini dikuatkan dengan Keputusan Presiden (Keppres).

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran Polri dan komponen masyarakat untuk bisa membantu melaksanakan tugas Polri ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat,” kata Badrodin singkat.(*/ES)

Berita Terbaru