Kabinet Presiden Jokowi: Minggu Diumumkan, Senin Dilantik

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 27.106 Kali

Pelantikan_Jokowi_rahmat1Teka-teki mengenai kapan pengumuman nama-nama menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai terbuka. Menurut rencana, Presiden Jokowi dijadwalkan akan memperkenalkan anggota kabinetnya pada Minggu (26/20) sekitar pukul 16.00 di halaman dalam Istana Merdeka, Jakarta.

“Kemungkinan akan ada perkenalan anggota kabinet yang dilakukan pada hari Minggu sore jam 16.00 di halaman Istana, tepatnya di antara Istana Merdeka dan Istana Negara,” kata mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/10) tengah malam.

Andi yang diminta Presiden Jokowi untuk menemui para wartawan yang menunggui kabar kepastian pengumuman susunan kabinet itu sejak pagi hingga Jumat tengah malam menjelaskan, bahwa untuk pelantikan kabinet kemungkinan akan dilaksanakan pada Senin (27/10) pukul 11.00 WIB di Istana Negara.

Adapun mengenai balasan DPR terkait permintaan pertimbangan nomenklatur kementerian, menurut Andi, akan disampaikan langsung oleh pimpinan DPR pada Sabtu (25/10) pagi pukul 09.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta.

Menurut mantan Deputi Tim Transisi itu, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sampai saat ini masih melakukan sejumlah telaah dari hasil laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), khususnya mengenai tambahan nama-nama yang harus ditelusuri rekam jejaknya menyusul pencoretan 8 (delapan) nama sebelumnya.

“Pengumuman tidak malam ini, jadi Pak Jokowi masih harus melakukan beberapa pemikiran telaah finalisasi sehubungan dengan hasil analisis KPK yang tadi diberikan oleh pimpinan KPK,” kata Andi.

Pada Jumat (24/7) malam kemarin, pimpinan KPK lengkap telah menemui Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Merdeka, untuk menyerahkan hasil penelusuran rekam jejak calon-calon menteri.

Saat ditanya wartawan apakah laporan KPK terbaru masih ada calon anggota kabinet yang mendapatkan rapor merah, Andi mengaku tidak mengetahuinya. “Pak Jokowi tidak menyampaikan kepada sayaujarnya. (WID/ANT/ES)

Berita Terbaru