Kabinet Kerja Dilantik, AM. Fachir Jadi Wamenlu, Mardiasmo Wamenkeu

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 27.299 Kali

pelantikan-750x422Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Ibu Mufidah Kalla, Senin (27/10) siang, di Istana Negara, Jakarta, melantik dan mengambil sumpah 34 menteri Kabinet Kerja masa bakti 2014-2019.

Pelantikan didahului dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, diikuti dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 121/P/2014 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Kementerian Tahun 2014-2019.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengambil sumpah para menteri Kabinet Kerja, dengan membacakan naskah sumpah yang diikuti para menteri, yang bunyinya antara lain:

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, langsung ataupun tidak langsung, dengan nama atau dalil apapun, tidak memberikan atau menjanjikan apapun, ataupun akan memberikan sesuatu kepada siapapun juga.

Bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tidak sekali menerima sesuatu langsung atau tidak langsung sesuatu janji atau pemberian apapun.

Bahwa saya setia kepada Undang Undang Dasar 1945, dan akan memelihara segala undang-undang dan peraturan yang berlaku bagi negara republik Indonesia, bahwa saya akan setia kepada nusa dan bangsa, dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini.

Bahwa saya akan menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada bangsa dan negara”.

Selanjutnya upacara pelantikan menteri Kabinet Kerja diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Wakil Menlu dan Wakil Menkeu

Seusai melantikan 34 anggota Kabinet Kerja, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melantik Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, AM. Fachir sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Mardiasmo sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Pelantikan kedua Wakil Menteri itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 187/M/2014 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Luar Negeri dan Wakil Menteri Keuangan, yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretaris Kabinet Djadmiko.

Pelantikan anggota Kabinet Kerja dan kedua wakil menteri itu, dihadiri oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua MPR Setya Novanto, Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zulva, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, dan Ketua Umum PKPI Sutiyoso. (Humas Setkab/WID/ES)

 

Berita Terbaru