Kanhan Kaltim Siap Lanjutkan Pembangunan Pertahanan Perbatasan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 April 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 21.364 Kali
Kepala Kanhan Kaltim Brigjen TNI Rukman Ahmad

Kepala Kanhan Kaltim Brigjen TNI Rukman Ahmad

Perhatian pemerintah saat ini begitu besar terhadap wilayah perbatasan. Kementerian Pertahanan (Kemhan) sendiri telah merumuskan kebijakan pertahanan negara tahunan sebagai penjabaran dari kebijakan penyelenggaraan pertahanan negara tahun 2016. Hal ini menjadi acuan Kemhan dan TNI dalam menyelenggarakan pertahanan negara selama tahun 2016.

Kebijakan tersebut meliputi bidang strategi, regulasi, penganggaran, sumber daya manusia (SDM), pencapaian MEF, sarana prasarana dan pengelolaan potensi pertahanan negara, termasuk pengembangan industri pertahanan yang didasari semangat bela negara guna mewujudkan pertahanan negara yang tangguh.

Kepala Kantor Petahanan (Kanhan) Kaltim Brigjen TNI Rukman Ahmad, S. IP, M. Si mengatakan, ada sembilan pokok-pokok  kebijakan Menteri Pertahanan yang menjadi Prioritas Kementerian Pertahanan Tahun 2016.

“Salah satu pokok – pokok kebijakan itu yaitu melanjutkan program pemberdayaan dan pengamanan wilayah perbatasan darat di Kalimantan, dan  pembangunan sarana dan prasarana pengamanan wilayah di perbatasan darat di Papua dan Nusa Tenggara Timur dan pulau-pulau kecil terluar/terdepan,” kata Rukman saat berada di berada di Kantor BPPD Kaltim, Kamis (28/4).

Melalui Kantor Pertahanan yang berada di daerah, lanjut Rukman, diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan pemerintah (Kemhan) di daerah dalam bidang pertahanan. Untuk itu, integrasi pembangunan perbatasan diharapkandapat berjalan bersama-sama sehingga sasaran yang diinginkan benar-benar dapat tercapai.

Untuk saat ini, lanjut Rukman, ia  akan berkoordinasi dengan SKPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim. “Selanjutnya kita akan turun ke lapangan untuk melihat realitas yang ada di perbatasan. Tentunya dengan tetap memperhatikan aspek pembangunan dari dua sisi, yaitu meningkatkan kesejahteraan dan keamanannya,” kata pria yang telah menjabat sebagai Kepala Kanhan Kaltim selama dua minggu ini. (BPPDKaltim/ES)

Nusantara Terbaru