Pengantar Presiden Joko Widodo Rapat Terbatas Mengenai Pengelolaan Sampah, di Kantor Presiden, Jakarta, 4 Desember 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 7 Desember 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 11.850 Kali

Logo-PidatoAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Rekan-rekan sekalian, melanjutkan rapat kemarin berkaitan dengan pengelolaan sampah menjadi energi. Saya kira ini sudah yang ketiga yang kita berbicara mengenai masalah ini dan kita ingin agar target energi baru terbarukan pada 2025 sebesar 23 persen itu bisa tercapai.

Regulasi, aturan sudah saya perintahkan segera disimpelkan, segera disederhanakan, sehingga yang antri untuk menyelesaikan masalah sampah menjadi energi, sampah menjadi listrik betul-betul bergeraknya lebih cepat. Saya melihat di lapangan sampahnya banyak, yang mau menyelesaikan banyak, tetapi aturannya yang menyulitkan. Pengalaman saya, 10 tahun di pemerintah daerah tidak bisa menyelesaikan ini gara-gara memang ada aturan yang menyulitkan. Perlu tender, kemudian ada beauty contest. Beauty contest pun kan macam-macam, yang beauty yang mana, yang mau diputuskan sangat membingungkan, karena aturannya memang tidak jelas.

Menurut saya sekarang ini kalau ada aturan yang jelas bisa penunjukan, itu semua mungkin nantinya, semua kota akan menjadi bersih. Targetnya bukan masalah harga di listriknya, meskipun itu juga harus dikalkulasi, tetapi targetnya adalah sampah ini menjadi bersih dan bisa bermanfaat bagi energi. Masalah harga mungkin bisa saja nanti disubsidi dari pemerintah untuk kalau memang kemungkinan di sisi PLN kalkulasinya tidak masuk. Tapi yang ingin kita bicarakan sore hari ini adalah bagaimana aturan itu menyebabkan investor bisa segera masuk, investasi segera masuk, dan sampah menjadi hilang dari peredaran.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru