Kebhinekaan Indonesia Dalam Pesona Indonesia 2015 di Darwin

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 4 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 21.728 Kali
Konsul RI Andre Omer Siregar, bersama para penari Papua dalam Pesona Indonesia, di Darwin, Australia, Sabtu (1/8) lalu

Konsul RI Andre Omer Siregar, bersama para penari Papua dalam Pesona Indonesia, di Darwin, Australia, Sabtu (1/8) lalu

Publik Australia di Darwin kagum dengan keragaman budaya dan kuliner yang ditampilkan di Pesona Indonesia 2015, tanggal 1 Agustus 2015, di Darwin Waterfront.

Konsul RI Darwin, Andre Omer Siregar menyampaikan, bahwa bersama masyarakat Indonesia, Konsulat RI Darwin kali ini ingin menampilkan Kebhinekaan yang dimiliki oleh Indonesia

Lebih dari 4000 orang pengunjung yang hadir disuguhkan dengan tampilan seni dan budaya dari Aceh, Betawi, Bali, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur dan Papua, serta musik modern Indonesia seperti dangdut. Bahkan, masyarakat Australia tidak sungkan untuk bergoyang bersama masyarakat Indonesia.

Konsul Andre Omer Siregar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia dalam persiapan dan penyelenggaran Pesona Indonesia 2015.

“Acara Pesona Indonesia 2015 merupakan kontribusi nyata masyarakat Indonesia kepada komunitas di Darwin, serta keinginan kita untuk mendorong keragaman budaya di Northern Territory (NT),” kata Omer.

Mengingat Indonesia akan memperingati 70 tahun kemerdekaan, menurut Konsul RI, maka tema tahun ini menunjukkan kekayaan budaya Indonesia dimasa lalu, masa kini dan masa depan: Tema kegiatan tahun ini akan mencerminkan kekayaan budaya Papua, Jakarta dan Jawa sebagaimana terlihat dari tarian Papua dan permainan Gamelan”.

Konsul Andre Omer Siregar menambahkan, apresiasi akan pentingnya budaya Papua, bagi dirinya artinya semakin memahami peradaban dan harapan Saudara-saudara kita di propinsi Papua dan Papua Barat.

Untuk itu, Konsulat RI Darwin sangat yakin bahwa perhatian khusus Presiden Joko Widodo dan Pemerintah untuk pembangungan kawasan timur Indonesia khususnya Propinsi Papua dan Papua Barat merupakan kunci pokok guna mendorong kesejahteraan dan kemakmuran saudara-saudara kita di Papua untuk 70 tahun ke depan.

“Saya mengajak teman-teman di Darwin untuk lebih mengenal tetangganya, khususnya pentingnya kita mencari peluang untuk mendorong penguatan hubungan bilateral Indonesia dan Northern Territory,” terang Omer.

Peter Styles, Menteri NT bidang Multikultur, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk menunjukkan bahwa Darwin adalah kota yang multikultur dan toleran. Untuk itu, dirinya tidak segan untuk terus memberikan dukungan bagi komunitas Indonesia di Northern Territory.

Peter Styles menggarisbawahi bahwa Indonesia adalah negara terdekat dengan NT. Pemerintah NT menempatkan Indonesia secara khusus karena hubungan yang erat selama ini, selain karena kedekatan jaraknya. Untuk itu, penting bagi masyarakat di NT untuk meningkatkan inter-cultural understanding.

Pesona Indonesia merupakan ajang tahunan promosi Indonesia terbesar di Darwin yang didukung oleh Pemerintah Northern Territory (NT) dan Konsulat RI Darwin, serta sponsor lainnya. Pelaksanaan tahun 2015 merupakan yang ke-16 kalinya dan diorganisasikan oleh Persatuan Indonesia Darwin Inc.

Pesona Indonesia 2015 dibuka dengan lagu-lagu Papua yang dibawakan oleh kelompok musik Nine Hills dari Jayapura dan permainan Gamelan Jawa yang dibawakan oleh Dharma Wanita Persatuan Konsulat RI Darwin dan masyarakat Indonesia.

Berturut-turut ditampilkan persembahan seni dan budaya dari masyarakat Indonesia, fashion show pakaian daerah oleh anak-anak Indonesia, serta penampilan Victoria Band yang seluruh pemainnya adalah perempuan sebagai penutup. (KJRI Darwin/ES)

 

Berita Terbaru