Satgas COVID-19: Kedatangan Vaksin Pfizer Akan Mengakselerasi Program Vaksinasi di Indonesia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Agustus 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 197 Kali

Sumber: Tim Komunikasi KPCPEN

Hari ini, Kamis (19/08/2021) Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19, yaitu vaksin Pfizer dan AstraZeneca dalam bentuk jadi. Kedatangan lagi vaksin-vaksin ini akan membantu akselerasi program vaksinasi nasional hingga dapat mencapai sasaran yang ditetapkan.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan vaksin Pfizer dalam bentuk jadi yang tiba di Tanah Air adalah sebanyak 1,56 juta dosis. Vaksin Pfizer telah menerima emergency use of authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) pada Juli 2021.

“Vaksin Pfizer ini nantinya dapat digunakan masyarakat berusia 12 tahun keatas,” ujarnya dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (19/8/2021).

Satgas COVID-19 meminta kepada pemerintah daerah yang nanti akan menerima alokasi vaksin Pfizer untuk segera menggunakannya. Sehingga masyarakat di daerahnya dapat terlindungi dan meningkatkan cakupan program vaksinasi.

Selain vaksin Pfizer, Indonesia juga menerima sebanyak 450 ribu dosis vaksin jadi Astra Zeneca melalui skema bilateral dari Pemerintah Belanja. Karena itu dengan kedatangan lagi vaksin-vaksin ini, maka kebutuhan vaksin untuk program vaksinasi nasional dapat tercukupi.

“Diharapkan dengan datangnya vaksin-vaksin ini dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional. Sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memperoleh vaksin dan terlindungi dari COVID-19 untuk mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman COVID-19,” harap Wiku. (TIM KOMUNIKASI KPCPEN/UN)

Berita Terbaru