Kedepankan Keramahan Islami, Lombok Raih Gelar Destinasi Halal Terbaik Dunia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 Oktober 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 17.751 Kali

lombokPula Lombok atau Nusa Tenggara Barat (NTB) telah meraih gelar sebagai Kota Tujuan Wisata Halal Terbaik di Dunia atau World’s Best Halal Tourism Destination dalam ajang pariwisata bergengsi tingkat dunia World Halal Travel Summit 2015 yang digelar di The Emirates Palace Ballroom, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (20/10) malam.

Tetangga pulau Bali itu mengalahkan obsesi tuan rumah Abu Dhabi (UEA), sekaligus pesaing-pesaingnya antara lain Amman (Jordania), Doha (Qatar), Kairo (Mesir), Antalya (Turki), Kualalumpur (Malaysia), Tehran (Iran), dan Marrakech (Maroko).

“Gelar ini menjadi momentum tepat bagi pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menggenjot kunjungan wisatawan terutama asal timur tengah yang dikenal royal dalam berwisata,” kata Kepala Badan Promosi dan Pariwisata Daerah NTB, Taufan Rahmadi, dalam siaran persnya Rabu (21/10).

Menurut Taufan, sejak awal Lombok memang sudah menyediakan berbagai fasilitas yang memenuhi standar halal, seperti ketersediaan hotel yang halal friendly dibandingkan daerah lainnya, termasuk dalam hal ini keberadaan bandara yang menerapkan konsep ramah terhadap wisatawan Muslim.

Selain itu, pulau yang berjuluk Pulau Seribu Masjid ini juga menyediakan sarana kemudahan dalam beribadah serta beragam aneka makanan halal sebagai tujuan wisata kuliner. Faktor-faktor tersebut diyakini menjadi pendorong 43 ribu voters di seluruh dunia menjatuhkan pilihan kepada Lombok sebagai pemenang kontestasi tingkat dunia itu.

Keberhasilan Lombok menyabet gelar pada kategori destinasi wisata halal tingkat internasional itu, lanjut Taufan, menguatkan kepercayaan bahwa manajemen produk halal yang profesional memiliki potensi yang besar, tidak hanya dalam pembangunan bidang agama, tetapi juga ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata.

World Halal Travel Summit and Exhibition secara eksklusif diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Budaya Uni Emirat Arab. Dalam ajang itu Indonesia mendapat penghargaan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination (Lombok), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World’s Best Family Friendly Hotel (Sofyan Hotel Betawi) . (Humas Kemenag/ES)

 

Nusantara Terbaru