Kembali Ke Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Menuju Daerah Bencana Kabut Asap

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 28 Oktober 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 21.076 Kali
Presiden Jokowi meninggalkan Blair House, tempatnya menginap selama kunjungan di Washington DC, AS, untuk kembali ke tanah air, Rabu (28/10) pagi WIB

Presiden Jokowi meninggalkan Blair House, tempatnya menginap selama kunjungan di Washington DC, AS, untuk kembali ke tanah air, Rabu (28/10) pagi WIB

Setelah selama beberapa hari berada di Amerika Serikat (AS) untuk kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana pada Selasa (27/10) pukul 18.00 waktu setempat atau 17.00 WIB, kembali ke tanah air, dengan  Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 yang  lepas landas dari bandara Andrews Airforce Base, Maryland.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden ?dan Ibu Iriana Joko Widodo akan kembali ke Tanah Air melalui Amsterdam dan Abu Dhabi dengan menempuh perjalanan selama 24 jam, dan diperkirakan akan tiba di tanah air pada hari Kamis (29/10) besok.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana menyebutkan, rencananya Presiden Jokowi akan langsung mengunjungi  daerah terdampak kabut asap.

“Kunjungan ke daerah terdampak sangat ditentukan oleh kondisi jarak pandang yang memungkinkan Pesawat Kepresidenan bisa mendarat,” kata Ari dalam siaran persnya Rabu (28/10) pagi.

Kunjungan Presiden ke wilayah yang terkena kabut asap itu, lanjut Ari, untuk m?emastikan langkah-langkah pemadaman kebakaran lahan dan hutan serta penanganan  korban dampak kabut asap, terutama pelayanan kesehatan, berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Senin pagi, 26 Oktober 2015 pukul 10.35 Waktu Setempat, Presiden Joko Widodo memutuskan mempercepat lawatannya di Amerika Serikat untuk segera kembali ke tanah air.

Presiden menjelaskan bahwa keputusan itu diambil setelah Presiden mendengar laporan tentang kondisi kesehatan dan dampak sosial yang dialami warga masyarakat di daerah yang terkena kabut asap.

Untuk kunjungan ke West Coast sendiri, Presiden akan menugaskan menteri-menteri yang terkait. “Saya tugaskan Menkominfo, Mendag, Kepala BKPM, Kepala Badan Ekonomi Kreatif untuk menuruskan bertemu dengan. CEO yang ada di sana?,” kata Presiden. (UN/ES)

Berita Terbaru