Kemenhub Lelang Jabatan Dirjen Hubla, Dirjen Perkeretaapian, dan Kepala Balitbang

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Maret 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 20.756 Kali

Pejabat KemenhubKementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan lelang jabatan untuk mengisi posisi jabatan tinggi madya, yaitu Dirjen Perhubungan Laut (Hubla), Dirjen Perkeretaapian dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Lelang Jabatan ini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat, Daerah dan TNI.

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo selaku Ketua Panitia Seleksi mengumumkan hal tersebut dalam surat No. PG.7 Tahun 2016 tentang seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, tertanggal 8 Maret 2016.

Menurut Sugiharjo, lelang jabatan tinggi ini dilakukan untuk memperoleh pejabat yang profesional, kompeten, handal dan akuntabel untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi yang akan lowong karena pejabat lama mutasi dan/atau akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). “Untuk itu diberikan kesempatan kepada PNS Pusat dan Daerah serta TNI yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi di lingkungan Kemenhub tersebut,” ujarnya.

Adapun kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengisi jabatan Dirjen Perhubungan Laut adalah; Berstatus sebagai PNS dan untuk Pendaftar dari TNI bersedia alih status menjadi PNS.

Persyaratan umum lainnya adalah memiliki pangkat/golongan minimal Pembina Utama Madya (IV/d) atau Laksamana Muda; Berusia setinggi- tingginya 58 tahun pada saat pendaftaran; Memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dengan dibuktikan pernah menjadi Kepala UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut atau di lingkungan TNI Angkatan Laut (Danlantamal/ Panglima Armada/ Dankolinlamil); Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik; Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat; dan Telah menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)/LHKASN (Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara) dan SPT (Surat Pemberitahunan Pajak Tahunan) Terakhir.

Adapun untuk mengisi jabatan Dirjen Perkeretaapin, persyaratannya adalah: Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil atau pegawai PT. Kereta Api Indonesia; Memiliki pangkat/golongan minimal Pembina Utama Muda (IV/c) bagi PNS atau Direksi PT. Kereta Api Indonesia, Berusia setinggi-tingginya 58 tahun pada saat pendaftaran; Memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dengan dibuktikan pernah menjadi Kepala UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian/Direktorat Jenderal Perhubungan Darat/ Kepala Daerah Operasi di Lingkungan PT. KAI; Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik; Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat; dan Telah menyerahkan LHKPN/LHKASN dan SPT Tahunan Terakhir.

Sementara itu untuk Jabatan Kepala Badan Litbang persyaratannya adalah; Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil; Memiliki pangkat/golongan minimal Pembina Utama Muda (IV /c); Berusia setinggi-tingginya 58 tahun pada saat pendaftaran; Memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dengan dibuktikan pernah menjadi Kepala UPT di manapun di lingkungan Transportasi; Diutamakan memiliki pendidikan S3; Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik; Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat; serta Telah menyerahkan LHKPN/LHKASN dan SPT Tahunan Terakhir.

Pendaftaran lelang jabatan ini dibuka tanggal 8 Maret 2016 – 23 Maret 2016 melalui website Kementerian Perhubungan www.dephub.go.id ; Mengisi Formulir Persetujuan dari atasan/pimpinan (untuk pelamar dari luar Kementerian Perhubungan), Mengisi Daftar Riwayat Hidup. Formulir Persetujuan yang telah ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian serta Daftar Riwayat Hidup disampaikan melalui pos atau diantar sendiri langsung dan ditujukan kepada: Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Lingkungan Kementerian Perhubungan u.p. Biro Kepegawaian dan Organisasi Gedung Cipta Lantai 5 Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat 10340 dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut: a. Foto copy Ijazah terakhir; b. Foto copy SK Pengangkatan dalam pangkat terakhir; c. Foto copy SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir; d. Foto copy Penilaian Prestasi Kerja; e. Foto copy bukti penyerahan LHKPN/LHKASN dan SPT Tahunan;

Seleksi Administrasi akan dilakukan oleh Sekretariat 8 Maret s.d. 22 Maret 2016, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 29 Maret 2016, AssesmentTest (Tim Independent) 4-5 April 2016, Pengumuman Peserta yang berhak mengikuti wawancara 18 April 2016, Wawancara (PANSEL) 20 – 21 April 2016.

(Humas Kemenhub/ES)

 

Berita Terbaru