Kemenkes, BNPB, TNI, dan Polri Bersatu Padu Bersihkan Tempat Ibadah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Maret 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 676 Kali

Proses sterilisasi Masjid Istiqlal, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (13/3). (Foto: Humas/Jay)

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa dari sisi kesehatan menyangkut pencegahan maka semua membantu apa yang bisa dikerjakan dan dilakukan bersama-sama dengan teman-teman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersatu padu membersihkan tempat-tempat ibadah.

”Dan di sini bisa kita lihat di Masjid Istiqlal kami lakukan pembersihan dengan cairan-cairan yang bisa melakukan pembersihan baik pada kuman maupun pada virus. Dan itu dilakukan akan secara teratur sesuai dengan schedule yang ada pada tempat-tempat ibadah,” ujar Terawan usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau sterilisasi Masjid Istiqlal, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (13/3).

Dengan dilakukan preventif seperti ini, menurut Menkes, pencegahan mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, angka sakit menjadi lebih turun, dan semua diberkahi dengan kesehatan.

Sementara itu, Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi menyampaikan bahwa sebentar lagi Kementeran agama (Kemenag) akan keluarkan imbauan untuk melakukan hal yang sama bagi tempat ibadah lain demi kemaslahatan semua umat.

Untuk pelaksanaan Salat Jumat, Menag menyampaikan dilaksanakan seperti biasa dan mengggarisbawahi untuk menghilangkan salaman tangan atau cipika-cipiki.

Selain itu, Menag juga menyampaikan akan dilakukan pengukuran suhu tubuh yang disiapkan melalui pintu-pintu masuk. ”Mudah-mudahan itu akan membuat jamaah lebih tenang melakukan ibadah,” pungkas Menag seraya menyampaikan bahwa yang bersuhu tubuh di atas 38 derajat disarankan tidak masuk. (MAY/EN)

Berita Terbaru