Kemenko Perekonomian Sosialisasikan Paket Kebijakan Ekonomi Ke Humas Pemerintah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Oktober 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 27.414 Kali
Suasana Forum Tematik Bakohumas yang digelar Kemenko Perekonomian, di Kuta, Bali, Selasa (20/10)

Suasana Forum Tematik Bakohumas yang digelar Kemenko Perekonomian, di Kuta, Bali, Selasa (20/10)

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) bekerja sama dengan Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas untuk mensosialisasikan Paket Kebijakan Ekonomi 2015 kepada para insan humas pemerintah dari berbagai Kementerian/Lembaga, yang diselenggarakan di Kuta, Bali, Selasa (20/10).

Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika, Henri Subiakto, mengatakan, bahwa hari ini bertepatan dengan peringatan Satu Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pranata humas pemerintah bekerja sama dengan Menko Perekonomian bersama-sama mensosialisasikan Paket Kebijakan Ekonomi 2015.

“Humas memilki peran yang sangat besar dalam perkembangan ekonomi sehingga kita dikumpulkan bersama untuk mengerti kebijakan pemerintah dalam Paket Kebijakan Ekonomi 2015 yang baru di-launching,” ujar Henri.

Menurut Henri, perekonomian sempat mengalami penurunan karena faktor global dan internal/eksternal, dan nilai tukar dollar sudah kembali menuju angka titik rasional, dan ke depan lebih baik lagi. Namun pertanyaan yang muncul di depan kita adalah apa yang harus dilakukan sebagai insan humas?

Henri mengingatkan, insan humas harus paham dan mengerti kebijakan negara/pemerintah dalam konteks ekonomi.  “Oleh karenanya kalau hari ini kita membahas Paket Kebijakan Ekonomi 2015, supaya kita memiliki persepsi yang lebih baik tentang ekonomi pemerintah,” kata Henri.

Pada Forum Tematik Bakohumas kali ini, terdapat beberapa narasumber yang membicarakan ekonomi dan persoalan secara praktis tentang dunia kehumasan yang terkait ekonomi. Sesi pertama, hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Elen Setiadi (Kepala Biro Hukum, Persidangan, dan Humas Kemenko Perekonomian) dan Andi Megantara (Asisten Deputi Bidang Fiskal Kemenko Perekonomian), keduanya membicarakan tentang Paket Kebijakan Ekonomi I, II, III, dan IV. Bertugas sebagai moderator adalah Heru Hendratmoko, Staf Khusus Kemenko Perekonomian.

Untuk sesi kedua, Arif TM Machmud (Deputi Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter) membicarakan tentang Paket Kebijakan Bank Indonesia dan Dedet Surya Nandika (Direktur Kemitraan Komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika) berbicara mengenai Publikasi Paket Kebijakan Ekonomi. Sedangkan moderator adalah Christiantoko, Tim Ahli Komunikasi Kemenko Perekonomian.

Forum tersebut dihadiri lebih dari 100 insan humas yang bertugas pada berbagai Kementerian/Lembaga, yang berada di pusat maupun daerah. Secara aktif, para peserta mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dibawakan sehingga diskusi berlangsung interaktif.

Pada akhir pertemuan, Kepala Biro Hukum dan Persidangan dan Humas Kemenko Perekonomian, Elen Setiadi,  menutup pertemuan dengan harapan agar forum ini dapat memberikan semangat kepada para peserta untuk menyampaikan kembali informasi yang telah diberikan sehingga dapat menjadi narasi tunggal dalam masing-masing lembaga.

“Disamping narasi tunggal, kita harapkan tentu ada variasinya masing-masing di daerah tapi semangatnya tetap sama khususnya bidang perekonomian, bagaimana kebijkan ini mendorong ekonomi nasional dan daerah,” pesan Elen. (SLN/DND/

Berita Terbaru