Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi di Setkab

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 1 September 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 19.308 Kali
RB

Evaluasi Kemenpan dan RB di Aula Serba Guna Gedung Kemensetneg III lantai 1, Jakarta, Kamis (1/9) pagi. (Foto: Humas/Jay)

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) mengirimkan tim untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2016 di lingkungan Sekretariat Kabinet (Setkab).

Evaluasi yang dilakukan dengan metode survei internal, focus group discussion (FGD), dan verifikasi lapangan itu dilaksanakan di Aula Serba Guna Gedung Kemensetneg III lantai 1, Jakarta, Kamis (1/9) pagi.

Kepala Biro Akuntabilitas dan Reformasi Birokrasi Setkab, Beben Hurmansyah, dalam laporannya mengatakan, survei internal dan FGD ini merupakan rangkaian dari evaluasi SAKIP dan RB.

“Kegiatan survei internal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan integritas aparatur dan organisasi di tubuh kementerian/lembaga,” ujarnya.

Adapun Tim Evaluator merupakan tim yang ditunjuk dari Kementerian PANRB. Tim ini juga melaksanakan  mengevaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB di masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) pusat dan daerah.

Beben juga menjelaskan, penilaian dan evaluasi dilakukan setiap tahun untuk mengetahui sejauh mana peningkatan integritas aparatur dan organisasi di tubuh kementerian/lembaga, dalam hal ini di Sekretariat Kabinet.

“Tujuan penilaian ini menjadi barometer pelaksanaan RB yang telah dilakukan, sudah baik belum, kalau bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, dan kalau bisa dilakukan penyempurnaan, terutama di pelayanan publik ataupun arahan Presiden,” kata Beben.

Foto Setkab

Staf Ahli Sekretaris Kabinet bidang Reformasi Birokrasi, Drs. Raso, mengingatkan bahwa hasil kegiatan survei hari ini akan menjadi foto dari Setkab. Karena itu, ia mengajak semua peserta yang ditunjuk melaksanakan evalusi dengan mengisi sesuai dengan domainnya masing-masing, apa adanya.

“Harapan kami ini akan membawa dan akan menjadikan Setkab juga tetap berhasil dalam menjalankan RB maupun melaksanakan kerjanya, supaya mendapatkan prestasi yang terbaik,” pungkas Raso.

Kegiatan evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB itu melibatkan peserta dari kalangan pegawai dan pejabat di lingkungan Setkab. (FID/ES)

Berita Terbaru