Kementerian PU Akan bangun Jalan Menuju 10 Obyek Wisata

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 7 Oktober 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 11.739 Kali

danau toba1Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera RI)  bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata proaktif untuk membangun jalan  di 10 jalur pariwisata potensial pada tahun 2016.

Kesepuluh obejek wisata tersebut dipilih dari sebanyak 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) meliputi:  Tanjung Lesung, Mandalika, Morotai, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Labuhan Bajo, Jogja, Wakatobi, Belitung dan Bromo.

Kepala Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Puslitbang BLTJ-Pusjatan) Kemenpupera Muhammad Idris mengatakan pihaknya akan mengupayakan sentuhan kekayaan alam bisa mewarnai desain jalan yang akan dibangun.

“BLTJ Pusjatan Kementerian PU tetap akan mendukung pelaksanaan pembangunan jalan pariwisata. BLTJ akan melakukan persiapan secara proaktif dan melihat bagaimana kebutuhan dari mitra kerjasama yaitu Kementerian Pariwisata,” kata Muhammad Idris di Bandung, Selasa (6/10).

Kementerian PU yang dalam hal ini BLTJ Pusjatan menyiapkan kerjasama tersebut dengan adanya rancangan (draft) pedoman dan spesifikasi mengenai pembangunan jalan pariwisata. Sedangkan untuk implementasinya secara teknis akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Idris berharap rancangan pedoman dan spesifikasi pembangunan jalan pariwisata dapat diselesaikan pada awal 2016 dan langsung disosialisasikan kepada kementerian yang bersangkutan yaitu Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan.

Dari kesepuluh titik kawasan wisata itu, Danau Toba yang letaknya di kota Parapat memiliki prioritas paling utama digarap oleh BLTJ Pusjatan. Meskipun ada beberapa jalur akses ke obyek wisata tersebut, namun salah satu akses yang dipilih yaitu dari Bandar Udara Kualanamu ke Parapat. (WID/ES)

Nusantara Terbaru