Kepada Warga Yahukimo, Presiden Jokowi Sosialisasikan Pemberian Makanan Tambahan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Oktober 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 20.066 Kali
image

Presiden Jokowi saat meninjau pemberian makanan tambahan (PMT) di Yahukimo, Papua, Selasa (18/10). (Foto: BPMI/Rusman)

Pada hari terakhir agenda kunjungan kerjanya Provinsi Papua, Presiden Joko Widodo kembali menyosialisasikan pentingnya asupan gizi dan protein bagi para ibu hamil dan anak-anak. Bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden meninjau pelaksanaan program pemberian makanan tambahan (PMT) di Kabupaten Yahukimo, Selasa (18/10).

Presiden kembali memberikan perhatiannya kepada pemenuhan gizi bagi ibu hamil dan para balita serta anak-anak dengan turut membagikan biskuit khusus sebagai makanan tambahan. Di hadapan warga setempat yang hadir, Presiden mengingatkan bahwa biskuit yang dikonsumsi tersebut hanyalah berperan sebagai makanan tambahan. Para ibu dan anak tetap diharuskan untuk mengonsumsi makanan utama yang kaya akan protein dan gizi.

“Hari ini kita bagikan roti biskuit yang kita harap bisa jadi makanan tambahan gizi baik bagi ibu hamil, balita, dan anak-anak. Tapi meski sudah diberi biskuit, yang namanya sumber protein seperti daging, ikan, telur, tahu, dan tempe itu tetap diperlukan bagi anak-anak kita. Begitu juga sayur dan buah,” terang Presiden.

Kepada para ibu hamil yang hadir, Presiden berpesan agar rutin mengonsumsi biskuit tersebut sebanyak dua kali per hari selama tiga bulan pertama masa kehamilan. Sementara pada bulan-bulan selanjutnya, asupan makanan tambahan tersebut ditambah hingga menjadi tiga keping per hari.

“Saya titip ini roti biskuitnya seperti ini. Yang hamil 1-3 bulan makan dua keping, jangan banyak-banyak. Yang umur 4-9 bulan makan tiga keping,” pesannya.

Sama halnya dengan anak-anak dan balita. Bagi balita berusia 6-11 bulan, Presiden menerangkan agar mengonsumsi makanan tambahan khusus tersebut sebanyak delapan keping biskuit setiap harinya. Adapun bagi yang berusia di atasnya, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 12 keping setiap harinya.

Pada akhir arahannya, Presiden berharap agar anak-anak Indonesia memiliki kondisi fisik yang sehat dan dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas. Sebagaimana dengan peninjauan PMT di Kabupaten Jayapura sehari sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali membagi-bagikan sepeda kepada ibu dan anak-anak yang mampu menjawab pertanyaannya.

Ikut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada kunjungan kerja tersebut adalah Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Papua Lukas Enembe. (BPMI/ES)

Berita Terbaru