Keterangan Pers Joko Widodo setelah Peresmian Pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-26 Tahun 2018 dan Peluncuran Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), 2 Agustus 2018, di ICE BSD, Tangerang, Banten

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Agustus 2018
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 2.518 Kali

Logo-Pidato2Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya tadi pesan kepada seluruh industri otomotif, yang pertama, jangan sampai pasar negara kita yang besar ini dikuasai oleh mobil-mobil impor, harus dikuasai oleh mobil-mobil produksi di dalam negeri kita sendiri. Itu yang pertama.

Yang kedua, saya juga menekankan agar orientasi ekspor itu terus ditingkatkan. Pasar dalam negeri kita kuasai, pasar ekspornya harus ditingkatkan. Ini yang kedua. Jadi industri-industri yang berorientasi ekspor nanti akan kita siapkan insentif-insentif agar bisa terdorong terus meningkat.

Yang ketiga, saya kira sama, negara, pemerintah, dan industri juga sama, visi kedepan adalah penggunaan mobil-mobil yang ramah lingkungan ini harus terus kita kembangkan.

Dan yang keempat, kita masuk ke AMMDes yang ini sangat multiguna. Selain untuk meningkatkan produktivitas yang ada di desa-desa, ini juga bisa menyelesaikan banyak masalah yang ada di daerah, yang ada di desa, baik yang berupa air, mobilitasnya bisa lebih tinggi, yang kedua dryer, yang ketiga untuk penggilingan (rice mill unit) dalam bentuk yang kecil, sehingga mobilitas di desa, mobilitas di sawah-sawah ini bisa lebih baik lagi.

Saya kira itu empat hal yang saya lihat pameran ini sangat memberikan banyak inspirasi.

Transkrip Pidato Terbaru