Keterangan Pers Presiden Joko Widodo Usai Menerima Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, di Istana Merdeka, Jakarta, 1 September 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 1 September 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 16.042 Kali

Logo PidatoBismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Telah saya terima tadi Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, yaitu Ibu Destry Damayanti, Ibu Enny Nurbaningsih, Ibu Betti Alisjabana,Ibu Meuthia Ganie-Rochman,Ibu Harkristuti Haskrisnowo, Ibu Yenti Garnasih, Ibu Diani Sadiawati, Ibu Supra Wimbarti, danIbu Natalia Subagyo.

Dari tahapan-tahapan seleksi yang telah dilakukan yaitu pendaftaran, pengumuman hasil seleksi administrasi, tes objektif dan pembuatan makalah, kemudian profile assesment, kemudian wawancara dan tes kesehatan, telah diserahkan kepada saya 8 (delapan) calon Pimpinan KPK 2015-2019 yang ini sudah diseleksi berdasarkan integritas, berdasarkan kompetensi, berdasarkan leadership, berdasarkan independensi, dan juga pengalaman yang terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi.

Delapan calon Pimpinan KPK tersebut adalah:

Ini dibagi menjadi 4 (empat), yang berkaitan dengan pencegahan; yang berkaitan dengan penindakan; yang berkaitan dengan manajemen; dan yang berkaitan dengan supervisi, koordinasi, dan monitoring sehingga kita harapan Pimpinan KPK kedepan ada kombinasi dari 4 (empat) hal yang tadi saya sampaikan.

Pencegahan:

Yang pertama, Bapak Saut Situmorang, ini Staf Ahli Kepala BIN;

Yang kedua, Bapak Surya Chandra, ini Direktur Trade Union Rights Centre dan Dosen Fakultas Hukum Unika Atmajaya.

Untuk Penindakan:

Yang pertama, Bapak Alexander Marwatta, ini Hakim Adhoc Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat; dan yang kedua, Ibu Basaria Panjaitan, ini Widyaiswara Madya Sespimti Polri.

Kemudian Manajemen:

Yang pertama, Bapak Agus Rahardjo, ini Mantan Kepala LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah); Yang kedua, Bapak Sujanarko, ini Direktur Pembinaan Jaringan Kerjasama AntarKomisi dan Instansi KPK.

Kemudian untuk Supervisi, Koordinasi, danMonitoring:

Bapak Johan Budi Sapto Pribowo, Plt Pimpinan KPK;

Dan yang kedua, Bapak Laode Muhamad Syarif, beliau adalah Rektor Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dan Senior Adviser Partnership for Governance Reform in Indonesia.

Jadi itu 8 (delapan) nama yang bisa saya sampaikan. Saya ulangi lagi:

  • Bapak Saut Situmorang;
  • Bapak Surya Chandra;
  • Bapak Alexander Marwatta
  • Ibu Basaria Panjaitan;
  • Bapak Agus Rahardjo;
  • Bapak Sujanarko;
  • Bapak Johan Budi Sapto Pribowo; dan
  • Bapak Laode Muhamad Syarif.

Saya kira itu yang bisa saya sampaikan. Dan segera dari 8 (delapan) nama ini besok akan saya siapkan suratnya untuk segera saya sampaikan kepada DPR.

Saya kira itu yang bisa saya sampaikan,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

(HUMAS SETKAB)

Transkrip Pidato Terbaru