Keterangan Pers Presiden Joko Widodo Usai Menerima PM Norwegia Erna Solberg, Di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 14 April 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 April 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 29.614 Kali

admin-ajax.php_Assalamualaikum wr.wb

Baru saja saya menyelesaikan pertemuan yang sangat produktif dan bersahabat dengan Perdana Menteri Norwegia, Yang Mulia Erna Solberg. Kunjungan ini merupakan kunjungan PM Solberg yang pertama ke Indonesia.

Untuk Indonesia, Norwegia adalah mitra penting di bidang lingkungan hidup, dan hak asasi manusia, serta di bidang energi, perikanan, dan maritim.

Oleh karena itu dalam pertemuan bilateral tadi, bersama dengan PM Solberg, kami telah membahas upaya penguatan kerja sama bilateral, antara lain, di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Kedua negara telah sepakat untuk melanjutkan kerja sama REDD+ yang pelaksanaannya telah dimulai tahun 2010.

Di bidang perikanan, Norwegia juga menjadi mitra penting Indonesia, termasuk upaya untuk memberantas penangkapan ikan secara illegal dan juga di bidang budi daya ikan laut.

Di bidang energi terbarukan, kerja sama dilakukan antara lain di bidang hydropower dan domestic biogas.

Di bidang kerja sama triangular juga, Indonesia-Norwegia telah melakukan kerja sama untuk melatih 25 polisi wanita dan 12 guru dari Afghanistan, di Jakarta dan di Bandung.

Di bidang pendidikan, untuk mendorong implementasi joint-degree antar universitas kedua negara, dan beberapa universitas di Indonesia, seperti UGM, ITB, dan Akademi Keperawatan Ibnu Sina juga telah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas di Norwegia.

Di samping masalah bilateral, saya dan PM Solberg juga bertukar pendapat mengenai beberapa isu regional baik yang menyangkut isu Laut Tiongkok Selatan, dan juga beberapa isu global, mengenai situasi di Timur Tengah dll.

Dan kedua negara juga telah sepakat untuk melakukan saling mendukung bagi pencalonan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, untuk Indonesia tahun 2019-2020 dan untuk Norwegia tahun 2021-2022.

Dan sebagai penutup pernyataan saya, saya ingin menyampaikan penghargaan kepada PM Solberg atas kunjungannya. Saya yakin bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Norwegia akan semakin kuat dan bermanfaat bagi rakyat di kedua negara.

Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru